Ilustrasi orang tertua
Health

Usia Hidup Maksimum Manusia Tidak Lebih dari 100 Tahun, Ini Kata Peneliti

Redaksi
Kamis, 26 Oktober 2023 - 12:44
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Harapan hidup adalah hal yang sulit untuk ditentukan karena ada begitu banyak faktor yang terlibat.

Ketika berbicara tentang harapan hidup seseorang, gaya hidup jelas memainkan peran besar. Faktor-faktor seperti pola makan, olahraga, dan kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok adalah faktor-faktor yang dapat kita kendalikan.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli statistik di Universitas Erasmus Tilburg dan Rotterdam mengamati usia 75.000 orang di Belanda yang meninggal dunia dalam kurun waktu 30 tahun terakhir.

Para peneliti ingin menentukan berapa lama seseorang dapat hidup selama mereka menjaga diri mereka sendiri, dan jika hidup mereka tidak terpotong oleh penyakit atau keadaan lain.

Setelah melihat usia orang-orang dalam penelitian ini pada saat kematian mereka, para peneliti menentukan bahwa usia maksimum seseorang mencapai puncaknya pada usia sembilan puluhan.

Para peneliti berpendapat bahwa kecil kemungkinan bagi manusia untuk hidup lebih dari 115 tahun, dengan usia maksimum untuk wanita mencapai 115,7 tahun, sementara pria diperkirakan mencapai usia maksimum 114,1 tahun.

"Secara rata-rata, orang hidup lebih lama, tetapi yang paling tua di antara kita tidak bertambah tua selama tiga puluh tahun terakhir,” ucap Profesor John Einmahl, salah satu dari tiga ilmuwan yang melakukan penelitian ini, mengutip laman Unilad, Kamis (26/10/2023).

"Tentu saja ada semacam tembok di sini. Tentu saja, harapan hidup rata-rata telah meningkat. Namun demikian, batas maksimumnya sendiri tidak berubah," tambahnya.

Untuk memperjelas, ini bukan tentang harapan hidup, melainkan tentang umur, yang digunakan untuk menentukan berapa lama seseorang dapat hidup selama mereka menjaga diri mereka sendiri.

Temuan ini berkorelasi dengan sebuah studi yang dilakukan di Amerika, di mana kelompok umur yang serupa ditemukan oleh para peneliti.

Mereka menetapkan bahwa umur maksimum seseorang mencapai puncaknya pada usia sembilan puluhan dan tidak mungkin bertambah lebih dari 115 tahun.

Terlepas dari temuan para peneliti, Einmahl mengakui bahwa ada beberapa kasus di mana orang hidup di luar batas usia maksimum yang diperkirakan.

Pada awal tahun ini, dunia kehilangan orang tertua, karena biarawati Prancis Suster Andre meninggal dunia pada usia 118 tahun. Setelah kematiannya, Guinness World Records menobatkan Maria Branyas Morera dari Amerika Serikat sebagai orang tertua di dunia pada usia 115 tahun.

Morera saat ini tinggal di panti jompo di Catalonia, Spanyol, namun dia lahir di San Francisco pada tanggal 4 Maret 1907.(Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro