Durian/Istimewa
Health

Fakta dan Mitos Durian yang Wajib Diketahui

Redaksi
Kamis, 26 Oktober 2023 - 13:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Durian merupakan buah dengan bau khas yang banyak dijumpai di Indonesia, tetapi sering kali menjadi buah yang dihindari karena dampaknya bagi kesehatan.

Di tengah nikmatnya makan durian, tidak sedikit pula yang mengingatkan akan bahayanya mengonsumsi durian terlalu banyak, salah satunya adalah kolesterol.

Namun, benarkah durian mengandung kolesterol? Apakah buah ini tidak ada manfaatnya sama sekali? Dilansir berbagai sumber, berikut mitos dan fakta mengenai efek durian bagi tubuh manusia

1. Durian bisa menyebabkan penambahan berat badan adalah fakta

Dengan rata-rata 1 kg durian memiliki hampir 1.350 kalori, makan satu durian dapat menambah 68 persen dari 2.000 kalori harian yang direkomendasikan untuk rata-rata orang dewasa. Satu biji durian (sekitar 40 g) memiliki 54 kalori.

2. Fakta bahwa durian kaya akan nutrisi

Durian secara alami kaya akan potasium, serat makanan, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Buah ini sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan tekanan darah, pergerakan usus dan kesehatan kulit. Buah ini juga mendukung sistem saraf, kekebalan tubuh dan meningkatkan pembentukan sel darah merah.

3. Fakta bahwa penderita diabetes harus membatasi asupan durian

Jika kamu menderita diabetes dan harus menghitung karbohidrat, kamu tidak boleh makan durian karena kandungan gulanya yang tinggi. Durian mengandung gula sederhana sukrosa, fruktosa dan glukosa.

4. Fakta bahwa durian adalah pemberi energi instan

Durian dikenal dengan kandungan karbohidratnya yang tinggi, durian dapat membantu mengisi kembali tingkat energi yang rendah dengan cepat pada orang sehat. Kandungan potasium yang tinggi pada buah ini juga dapat membantu mengurangi rasa lelah serta menghilangkan stres mental dan kecemasan.

5. Fakta bahwa durian baik untuk otot dan wajah

Dengan segala kandungan nutrisinya, konsumsi durian baik untuk meningkatkan kekuatan otot, menjaga tekanan darah tetap normal, meningkatkan pergerakan sendi, dan menjaga kesehatan kulit.

6. Menghilangkan stres adalah fakta

Kandungan potasium pada durian juga mampu mengurangi rasa lelah, menghilangkan stres dan kecemasan.

7. Durian kaya akan kolesterol adalah mitos

Durian tidak mengandung kolesterol. Kolesterol ditemukan pada makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut, dan produk susu. Durian memiliki lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

8. Mitos bahwa manggis harus dimakan bersama durian untuk mengurangi rasa panas

Menurut kebijaksanaan konvensional Tiongkok, manggis, sebagai buah yang mendinginkan, akan mengurangi rasa panas yang terkait dengan durian. 

Namun, belum ada penelitian ilmiah yang mendukung hal ini. Kebiasaan makan durian dan manggis secara bersamaan kemungkinan besar bermula dari fakta bahwa kedua buah tersebut dipanen pada waktu yang hampir bersamaan.

9. Mitos bahwa makan durian dan minum bir pada saat bersamaan bisa membunuh

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa ini adalah kombinasi yang mematikan. Hal ini lebih mungkin menyebabkan kembung, gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan karena hati harus bekerja ekstra keras untuk memetabolisme lemak dan gula dalam durian dan alkohol, terutama jika kamu mengonsumsi keduanya dalam jumlah berlebihan. 

10. Mitos bahwa mengonsumsi durian bisa meningkatkan libido

Rasa pedas pada durian memang bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat, namun hal ini tidak menjadikan buah ini sebagai afrodisiak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro