Gejala demensia sering dialami oleh lansia./AgingCare
Health

Perbanyak Olahraga Hingga Pola Makan, Ini 10 Cara Mencegah Demensia

Redaksi
Jumat, 27 Oktober 2023 - 19:16
Bagikan

6. Kendalikan Kesehatan Kamu

Seiring bertambahnya usia, kemungkinan besar Kamu akan mengalami kondisi kesehatan tertentu, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes. Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko terkena demensia.

Cara penting untuk menghindari hal ini adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap 6 bulan sekali.


7. Mencegah cedera kepala

Ambil langkah-langkah untuk mencegah jatuh dan cedera kepala, seperti membuat rumah yang tidak memiliki resiko jatuh dan mengenakan sepatu dengan sol anti selip yang menopang kaki sepenuhnya. 

Pertimbangkan untuk berpartisipasi dalam program pencegahan jatuh secara online atau di daerah.  Selain itu, kenakan sabuk pengaman dan helm untuk membantu melindungi kepala dari gegar otak dan cedera otak lainnya.

8. Mengontrol tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, mempunyai efek berbahaya pada jantung, pembuluh darah, dan otak, serta meningkatkan risiko stroke dan demensia vaskular. 

Mengobati tekanan darah tinggi dengan pengobatan dan perubahan gaya hidup sehat, seperti berolahraga dan berhenti merokok, dapat membantu mengurangi risiko demensia.


9. Kelola Gula Darah

Kadar gula atau glukosa darah yang lebih tinggi dari normal dapat menyebabkan diabetes dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, gangguan kognitif, dan demensia. 

Memilih makanan sehat, rutin berolahraga, berhenti merokok, dan memeriksa kadar glukosa dapat membantu mengelola gula darah.

10. Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko masalah kesehatan terkait seperti diabetes dan penyakit jantung. Menjadi aktif dan memilih makanan sehat dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. (Ernestina Jesica Toji)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro