Daun pepaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh
Health

8 Manfaat Mengonsumsi Daun Pepaya untuk Kesehatan

Redaksi
Sabtu, 28 Oktober 2023 - 19:09
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Pepaya atau Carica papaya adalah salah satu tanaman yang banyak ditemukan di negara-negara tropis, seperti Indonesia. 

Selain buahnya yang lezat dan kaya akan nutrisi, daun pepaya juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Karena itu, tak heran jika daun pepaya kerap dimanfaatkan sebagai obat herbal. 

Selain dijadikan sebagai obat herbal, daun pepaya juga dapat dikonsumsi dalam bentuk teh, jus, ekstrak, ataupun diolah menjadi masakan. Meskipun memiliki rasa yang pahit, daun pepaya memiliki beragam manfaat untuk tubuh, mulai dari melancarkan pencernaan, hingga meningkatkan trombosit. 

Dilansir dari India Times, Sabtu (28/10/2023), berikut adalah beberapa manfaat tersembunyi dari daun pepaya: 

1. Melancarkan pencernaan

Daun pepaya mengandung berbagai macam enzim, dengan papain dan chymopapain yang paling menonjol. Enzim-enzim ini memainkan peran penting dalam memecah protein, karbohidrat, dan lemak dalam sistem pencernaan. 

2. Membantu mendetoks tubuh

Daun pepaya kaya akan kandungan fitokimia, termasuk flavonoid dan alkaloid, yang membantu hati dalam memproses dan menghilangkan racun dari dalam tubuh. Mereka juga merangsang produksi glutathione, antioksidan kuat yang dapat meningkatkan proses detoksifikasi.

3. Meningkatkan imun

Sistem detoksifikasi yang berfungsi secara efisien tidak hanya menghilangkan racun, tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun pepaya, dengan sifat detoksifikasinya, memainkan peran penting dalam memperkuat kekebalan tubuh secara keseluruhan.

4. Kaya akan serat

Daun pepaya adalah sumber yang kaya akan serat. Serat sangat penting untuk mengatur pergerakan usus, mencegah sembelit, dan menjaga mikrobioma usus yang sehat, untuk penyerapan nutrisi dan pencernaan yang baik.

5. Meningkatkan kesehatan usus

Kandungan serat yang tinggi pada daun pepaya mendukung pertumbuhan bakteri usus yang baik. Mikrobioma usus yang seimbang adalah kunci untuk sistem pencernaan yang sehat dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.


6. Mengatasi gangguan pencernaan

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat bermanfaat dalam mengatasi gangguan pencernaan, termasuk sindrom iritasi usus besar (IBS). Ekstrak ini membantu mengurangi peradangan dan meringankan ketidaknyamanan pada saluran pencernaan.

7. Sifat anti inflamasi

Daun pepaya memiliki sifat anti-inflamasi alami. Kandungan ini dapat sangat membantu dalam menenangkan dan mengelola kondisi seperti gastritis dan maag, yang sering menyebabkan masalah pencernaan.

8. Meningkatkan trombosit

Menurut sebuah penelitian, pemberian ekstrak daun pepaya secara oral pada kasus demam berdarah dikaitkan dengan peningkatan jumlah trombosit dalam waktu 24 jam. Jumlah WBC (total leukosit) secara keseluruhan kemudian dapat meningkat. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro