Ilustrasi batu ginjal/harvarduniversity
Health

Ini Tips Efektif Mengurangi Batu Ginjal

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 24 Oktober 2023 - 17:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Batu ginjal, atau batu ginjal, adalah endapan mineral menyakitkan yang dapat terbentuk di ginjal.

Penyakit ini sering berkembang ketika zat tertentu dalam urin, seperti kalsium, oksalat, dan asam urat, menjadi terlalu pekat.

Meskipun genetika dan kondisi medis mungkin berperan, kebiasaan makan dapat mempengaruhi pembentukan batu ginjal secara signifikan.

Berikut tips diet untuk mengurangi risiko batu ginjal

1. ​Batasi garam dan tetap terhidrasi​

Minum banyak air sangat penting. Hidrasi yang memadai membantu mengencerkan zat yang bertanggung jawab atas pembentukan batu, sehingga kecil kemungkinan kristal untuk menyatu. Asupan cairan sebanyak 3 liter pada orang dewasa yang sehat dianjurkan.

Kadar natrium yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan kalsium dalam urin, yang merupakan faktor risiko pembentukan batu. Mengurangi asupan garam sangat disarankan.

2. ​​Kontrol makanan kaya oksalat​

Ossalat dapat berikatan dengan kalsium dalam urin sehingga membentuk batu. Makanan seperti bayam, bit, dan kacang-kacangan, yang tinggi oksalat, harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.”

3. ​​Pantau konsumsi protein dan kalsium​

Pola makan yang tinggi protein hewani dapat meningkatkan kadar asam urat yang dapat menyebabkan batu asam urat. Moderasi adalah kuncinya. Paradoksnya, asupan kalsium yang cukup dapat mengurangi risiko batu dengan cara mengikat oksalat di usus, sehingga mencegah penyerapannya. Kadar kalsium harus dijaga dalam batas normal, peningkatan dan penurunan kadar kalsium, keduanya merupakan predisposisi terjadinya pembentukan batu.

4. ​​Hindari vitamin C yang berlebihan​

Suplemen vitamin C dosis tinggi mungkin dikaitkan dengan pembentukan batu ginjal. Tetap berpegang pada tunjangan harian yang direkomendasikan. Batasi juga kafein dan alkohol. Zat-zat ini dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat mendorong pembentukan batu.

5. Sayuran Kaya Kalium

Sayuran kaya kalium seperti kangkung, brokoli, dan kubis Brussel mencegah berkembangnya batu ginjal dan mengurangi kehilangan kalsium. Lemon mengandung asam sitrat, yang mencegah berkembangnya batu ginjal dan membantu pembubarannya. Mayoritas biji-bijian membantu menjaga berat badan yang sehat, sehingga bermanfaat untuk pencegahan dan pengobatan batu ginjal.

6. ​Latihan​

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak adalah faktor risiko terpenting yang diremehkan dalam pembentukan batu. Carilah Panduan Profesional: Jika Anda rentan terhadap batu ginjal, konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk membuat rencana yang dipersonalisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro