Ilustrasi taurin
Health

Manfaat Taurin untuk Memperlambat Penuaan Dini

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 2 November 2023 - 10:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang dokter dan peneliti umur panjang telah mengungkapkan suplemen yang dia konsumsi setiap hari selama bertahun-tahun dapat membantu memperlambat proses penuaan.

Dokter Neil Paulvin menyebutkan suplemen yang kaya manfaat taurin asam amino dapat membantu memperbaiki DNA dan merangsang produksi sel induk.

Dokter pengobatan regeneratif yang berbasis di AS itu mengatakan bahan kimia tersebut memainkan peran “penting” dalam sistem pencernaan, kardiovaskular, kerangka, otot, dan saraf tubuh.

“Banyak orang mungkin belum pernah mendengar tentang taurin, namun semakin banyak penelitian yang didedikasikan untuk mengungkap potensinya.” ujarnya dilansir dari Express.

Manusia dapat membuat taurin sendiri dan disimpan di berbagai area tubuh termasuk mata, sistem saraf pusat, dan otot rangka.

Hal ini juga ditemukan dalam beberapa makanan termasuk daging, ikan, susu dan telur.

Namun, untuk meningkatkan level Anda, Dr Paulvin merekomendasikan untuk mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Berikut enam manfaat utama dari taurin

1. Antioksidan dan antiinflamasi

Menurut Dr Paulvin, taurin memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Ini memungkinkan tubuh untuk menyeimbangkan elektrolit dan meningkatkan lipid. Ini juga membantu pengaturan tekanan darah dan mendukung fungsi pembuluh darah, yang membantu menjaga aliran darah optimal dan pada akhirnya mengurangi risiko hipertensi, aterosklerosis (pengerasan arteri) dan serangan jantung.”

2. Sumber energi

Taurin dapat membantu memberi energi pada mitokondria, bagian penting dari sel yang bertanggung jawab untuk produksi energi.

3. Meregenersi sel

“Suplemen Taurin dapat membantu melindungi organel ini dari kerusakan.” tambahnya.

Sel induk di dalam tubuh membantu perbaikan dan regenerasi jaringan, namun produktivitasnya berkurang seiring bertambahnya usia.

“Penelitian menunjukkan bahwa taurin dapat membantu merangsang produksi sel induk, khususnya sel induk saraf, yang dapat meningkatkan fungsi otak, selain meregenerasi berbagai jaringan di seluruh tubuh.”

4. Menambah massa otot

Taurin bisa membantu meningkatkan massa otot, kata dokter.

Taurin berfungsi sebagai penambah volume sel, menarik air ke dalam sel otot dan menciptakan lingkungan yang lebih menguntungkan untuk pertumbuhan otot,” ujarnya.

Taurin menunjukkan kemampuan perlindungan DNA karena kemampuannya menangkap radikal bebas berbahaya, sekaligus mendukung mekanisme perbaikan DNA yang dapat mengurangi terjadinya mutasi genetik dan berkontribusi terhadap kesehatan sel secara keseluruhan.”

5. Memperbaiki DNA

Kerusakan DNA adalah salah satu faktor kunci yang menyebabkan penuaan.

Dr Paulvin berkata: “Salah satu ciri penuaan adalah akumulasi kerusakan DNA, yang dapat menyebabkan mutasi dan peningkatan risiko kanker dan penyakit lainnya.

“Taurin menunjukkan kemampuan perlindungan DNA karena kemampuannya menangkap radikal bebas berbahaya, sekaligus mendukung mekanisme perbaikan DNA yang dapat mengurangi terjadinya mutasi genetik dan berkontribusi terhadap kesehatan sel secara keseluruhan.”

6. Menurunkan tekanan darah

Taurin mampu menurunkan tekanan darah dengan lebih dari satu cara.

Ini mendorong vasodilatasi – relaksasi dan pelebaran pembuluh darah – yang mengarah pada peningkatan aliran darah dan mengurangi tekanan pada dinding arteri,” tambah Dr Paulvin.

Taurin juga terbukti menghambat pelepasan hormon stres seperti kortisol, yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Namun, dokter memperingatkan bahwa suplemen taurin bukanlah “pil ajaib untuk umur panjang”.

“Satu hal yang selalu saya ingatkan kepada masyarakat adalah bahwa meskipun suplemen dapat berperan dalam meningkatkan kesehatan dan umur panjang, suplemen harus menjadi bagian dari pendekatan kesehatan yang komprehensif dan holistik yang mencakup pola makan sehat, olahraga teratur, manajemen stres, dan membuat pilihan gaya hidup sehat. " dia berkata.

Dia menyarankan untuk berbicara dengan dokter sebelum mengonsumsi taurin – atau suplemen baru apa pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro