Semangka/Istimewa
Health

10 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan

Redaksi
Kamis, 2 November 2023 - 18:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Semangka menjadi buah yang digemari oleh sebagian besar orang karena rasanya yang manis dan kandungan air yang berlimpah.

Semangka dianggap sebagai  buah FODMAP  (oligosakarida, disakarida, monosakarida, dan poliol yang dapat difermentasi), yang berarti mengandung gula rantai pendek yang  sulit dicerna oleh sebagian orang, sehingga dapat menyebabkan kembung atau ketidaknyamanan jika dikonsumsi dalam jumlah besar. 

Namun, buah yang memiliki kulit yang keras dengan warna hijau pekat atau hijau muda dan larik-larik hijau tua ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Simak 10 manfaat semangka bagi kesehatan :

1. Jantung Lebih Sehat

Semangka kaya akan asam amino yang disebut citrulline yang dapat membantu mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah. Studi menunjukkan bahwa hal ini dapat menurunkan risiko serangan jantung.

2. Melindungi Sendi 

Semangka memiliki pigmen alami yang disebut beta-cryptoxanthin yang dapat melindungi sendi dari peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seiring berjalannya waktu, hal ini dapat menurunkan kemungkinan terkena rheumatoid arthritis.

3. Bagus untuk Mata

Irisan semangka berukuran sedang mengandung 9-11% vitamin A yang  dibutuhkan setiap hari. Nutrisi ini menjadi salah satu kunci menjaga kesehatan mata. 

4. Hidrasi Manis Alami

Semangka yang berair mengandung 92% air sehingga  membantu tetap terhidrasi . Kekurangan air sekecil apa pun bisa membuat tubuh merasa lesu.

semangko
semangko

5. Menenangkan Kulit 

Vitamin A, B6 dan C dalam semangka membantu kulit tetap lembut, halus dan kenyal. Karena mengandung banyak air, semangka juga bisa menjadi masker wajah yang bagus. 

6. Meningkatkan Latihan Otot

Kandungan air, antioksidan dan asam amino yang tinggi pada semangka dapat membuat olahraga menjadi lebih baik. Semangka juga tinggi potasium, mineral yang bisa mengurangi kram di gym. Mengkonsumsi ini dapat membantu mencegah nyeri otot setelah latihan.

7. Tidak Meningkatkan Gula Darah

Semangka memiliki nilai indeks glikemik (GI) sebesar 80, hampir sama dengan semangkuk cornflake. Tapi karbohidratnya sedikit, artinya kandungan glikemiknya (seberapa cepat ia memasuki aliran darah dan berapa banyak glukosa yang dapat dihasilkannya) hanyalah 5. Sehingga semangka tidak meningkatkan gula darah. 

manfaat semangka
manfaat semangka

8. Menambah Pencernaan yang Sehat

Semangka mengandung kadar air yang tinggi dan sedikit serat.  Serat menambah jumlah besar pada tinja  dan membuat pencernaan  tetap teratur, sementara air membantu memindahkan limbah melalui sistem pencernaan.

9. Baik untuk Diet

Penelitian terbatas yang diterbitkan dalam jurnal  Nutrients  pada tahun 2019 menemukan bahwa subjek yang dianggap kelebihan berat badan atau obesitas secara klinis dan makan semangka dibandingkan kue rendah lemak mengalami rasa kenyang yang lebih besar, misalnya. Makan semangka setiap hari dikaitkan  dengan penurunan berat badan subjek , indeks massa tubuh, tekanan darah dan lingkar pinggang.

10. Mengurangi Risiko Kanker

Lycopene yang ditemukan dalam semangka  dapat mengurangi peradangan  dan stres oksidatif, ketidakseimbangan antara radikal bebas (molekul tidak stabil yang diproduksi tubuh secara alami, yang dapat menyebabkan penyakit) dan kemampuan tubuh untuk melawan efeknya.

Peradangan kronis dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu, termasuk kanker, dan  penelitian  menunjukkan bahwa likopen berpotensi mengurangi peradangan dan mencegah pertumbuhan sel kanker, sehingga mengurangi risiko penyakit tersebut. Penelitian telah menyoroti bahwa meningkatkan asupan likopen dapat mengurangi risiko  kanker saluran pencernaan  dan  kanker prostat .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro