Ilustrasi seledri/istimewa
Health

Manfaat Mengkonsumsi Daun Seledri Bagi Kesehatan Tubuh

Novita Sari Simamora
Sabtu, 4 November 2023 - 14:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Daun seledri sering ditambahkan ke dalam masakan sehingga menambah cita rasa, tetapi ternyata daun seledri juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Seledri adalah sayuran aromatik yang termasuk dalam keluarga Apiaceae, yang juga mencakup wortel, ubi, adas, peterseli, dan jintan. Batang seledri menambah kerenyahan pada salad dan saus mentah serta rasa lembut pada sup dan smoothie.

Manfaat seledri bagi kesehatan sangat banyak, berkat komposisinya yang kaya nutrisi. Seledri mengandung hampir 95% air dengan dosis vitamin, mineral, dan serat yang baik. 

Meski begitu, seledri merupakan sumber vitamin K, vitamin A, vitamin C, folat, potasium, dan kalsium yang baik. Selain itu juga mengandung sedikit protein, lemak, dan hanya 1,4g karbohidrat. 

Seledri kaya akan antioksidan, fitonutrien, dan flavonoid yang bermanfaat, menjadikannya tambahan yang berharga untuk diet sehat. Manfaat seledri terbilang cukup banyak jika dibandingkan dengan sayuran lain.

Simak manfaat mengkonsumsi seledri bagi kesehatan: 

1. Pencegahan Kanker

Antioksidan dalam seledri termasuk varietas terkenal seperti flavonoid dan vitamin C, serta lunularin dan bergapten. Mereka membantu menghilangkan bahan kimia alami dalam tubuh yang disebut radikal bebas yang dapat merusak sel dan menyebabkan kanker dan penyakit lainnya. 

2. Manajemen Tekanan Darah

Seledri kaya akan senyawa tanaman yang disebut phthalide. Fitokimia ini melemaskan dinding arteri untuk membantu aliran darah dan menurunkan tekanan darah. 

3. Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Alzheimer

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa senyawa yang disebut DL-3-n-butylphthalide yang terbuat dari biji bunga tanaman seledri meningkatkan pembelajaran, pemikiran, dan memori. Ekstrak biji ini mungkin dapat mengobati dan mencegah Alzheimer, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan manfaat ini pada populasi manusia.

4. Mencegah peradangan 

Seledri kaya akan berbagai antioksidan yang memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan anti-virus. Nilai gizi seledri sangat mengesankan dalam hal ini.

Seledri juga mengandung senyawa bernama luteolin yang dapat mencegah peradangan pada sel otak. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak seledri bertindak seperti obat anti inflamasi seperti aspirin dan ibuprofen. 

Ini mungkin juga memiliki efek mengurangi rasa sakit. Dan mungkin melindungi terhadap kerusakan lambung yang dapat terjadi akibat penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

5. Membantu Pencernaan 

Karena mengandung nutrisi antioksidan dan anti-inflamasi, seledri menawarkan perlindungan pada seluruh saluran pencernaan. Serat alami yang terdapat pada seledri menjadikannya makanan penting untuk sistem pencernaan. Serat larut dalam seledri akan difermentasi oleh bakteri yang ada di usus besar dan proses fermentasi ini meningkatkan kesehatan pencernaan .

6. Membantu Mengurangi Berat Badan 

Seperti kita ketahui, seledri merupakan sayuran rendah kalori yang bermanfaat dalam mengatur berat badan. Manfaat seledri untuk menurunkan berat badan terbukti karena mengandung serat pencernaan yang membuat  kenyang dalam jangka waktu lama. 

Kandungan serat tidak larut pada seledri dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu penurunan berat badan. Kandungan air seledri yang tinggi juga dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan dan mengatur metabolisme lipid.

7. Meningkatkan Kehidupan Seks 

Seledri mengandung hormon androstenon dan androstenol pria dalam kadar tinggi, yang dapat merangsang gairah seksual pada wanita. Seledri dipercaya mempunyai manfaat seksual, karena aroma yang dikeluarkan dari senyawanya dapat membuat pria lebih menarik dan diinginkan oleh lawan jenis.

8. Meningkatkan Jumlah dan Aktivitas Sperma 

Penelitian menunjukkan bahwa seledri memiliki perlindungan terhadap zat yang dapat merusak jumlah sperma. Manfaat seledri untuk sperma sangat penting, karena ekstrak seledri meningkatkan kinerja seksual dan meningkatkan jumlah sperma pria

Hal ini mungkin karena tampaknya memiliki efek penghambatan terhadap radikal bebas, yang dapat berdampak buruk pada kesuburan. Manfaat seledri bagi pria karena meningkatkan sekresi testosteron, hormon pria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro