Ilustrasi seledri/istimewa
Health

Ini 8 Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan, Bisa Mencegah Jerawat dan Kanker

Redaksi
Senin, 11 Maret 2024 - 14:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang yang mengonsumsi jus untuk mengatasi masalah kesehatan, salah satunya yaitu jus seledri

Jus seledri sedang populer beberapa tahun terakhir, karena mempunyai banyak khasiat yang baik untuk tubuh. Dilansir dari pharmeasy.in dan cleanjuice.com, jus seledri banyak mengandung vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan kaya akan mineral yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bagi, Anda yang ingin mempunyai tubuh yang sehat harus memperhatikan dan menjaga pola hidup yang sehat. Mulai sekarang cobalah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang baik bagi kesehatan, salah satunya dengan mengonsumsi jus seledri.

Simak manfaat jus seledri untuk kesehatan:

1. Membantu sistem reproduksi pria

Mengonsumsi jus seledri dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni membantu sistem reproduksi pria. Mempunyai kandungan antioksidan dapat meningkatkan kesuburan pada pria, selain itu luteolin dalam jus seledri dapat membantu mengurangi peradangan dan reaksi alergi. 

Penelitian menunjukan mengonsumsi jus seledri yang kaya akan antioksidan dapat meningkatkan jumlah sperma lebih tinggi dan motilitas sperma yang lebih baik yang merupakan kunci kesuburan pria.

2. Mencegah kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang mematikan, banyak faktor yang mempengaruhi seseorang terkena penyakit ini, salah satunya pola hidup.

Banyak mengonsumsi makanan cepat saji yang mempunyai kandungan berbahaya didalamnya, jika dikonsumsi secara rutin akan membahayakan tubuh dan menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker

Bagi, Anda yang sedang mencari cara untuk mencegah risiko kanker dapat mengonsumsi jus seledri sebagai upaya pencegahannya. Mempunyai kandungan antioksidan seperti apigen dan luteolin yang telah terbukti dapat mencegah timbulnya kanker.


3. Kesehatan rambut

Rambut rontok masih menjadi masalah banyak orang, rambut rontok bisa terjadi karena memiliki akar rambut yang tidak kuat. Banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan akar rambut tidak kuat, seperti kurangnya mendapatkan vitamin.

Mengosumsi jus seledri yang mempunyai kandungan antioksidan dapat membantu melindungi pembuluh darah di kulit dan mencegah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada rambut. Mengonsumsi jus seledri dapat membantu pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok.

Seledri mempunyai banyak kandungan vitamin, salah satunya yakni vitamin K yang mempunyai manfaat untuk kesehatan folikel rambut dan menjaga rambut tetap kuat dan berkilau.


4. Mencegah pikun

Seiring bertambahnya usia akan mempengaruhi daya ingat seseorang, banyak orang diatas umur 60 tahun yang mengalami gejala pikun, seperti tidak bisa membedakan siang dan malam, tidak mengenali orang sekitar, bahkan tidak mengenali dirinya sendiri.

Namun, banyak orang sebelum usia 60 tahun sudah mengalami pikun, hal ini bisa terjadi karena mempunyai gaya hidup yang tidak sehat. Bagi, Anda yang tidak ingin mengalami pikun sebelum waktunya, mengonsumsi seledri dapat menjadi solusi.

Penelitian menunjukan mengonsumsi jus seledri secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kognitif, sehingga dapat mencegah seseorang terkena pikun. 

5. Menghilangkan bekas jerawat

Tidak bisa dipungkiri, jus seledri banyak mengandung vitamin yang sangat dibutuhkan oleh kulit, banyak orang yang mengonsumsi jus seledri sebagai upaya menjaga kesehatan kulit mereka. 

Bagi, Anda yang mempunyai masalah bekas jerawat mengonsumsi jus seledri adalah pilihan yang tepat. Jus seledri bisa membantu menghilangkan bekas jerawat yang ada pada wajah. Selain itu, kandungan air yang tinggi pada seledri membantu menjaga kulit untuk tetap terhidrasi, sehingga dapat menciptakan kulit yang sehat dengan produksi minyak yang tidak berlebihan pada wajah.


6. Memperlancar pencernaan

Sistem pencernaan yang tidak lancar akan mempengaruhi kesehatan, banyak masalah kesehatan yang terjadi karena memiliki sistem pencernaan yang buruk. Masalah kesehatan yang terjadi, seperti kembung, sembelit, mual. Tidak hanya masalah kesehatan fisik saja, pencernaan yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang, seperti ketidakstabilan suasana hati, kecemasan, hingga depresi.

Jus seledri mengandung senyawa polisakarida yang telah terbukti secara signifikan dapat mengurangi sakit maag, mendukung kesehatan lapisan lambung, dan meningkatkan sistem pencernaan. 

Seledri mempunyai kandungan air yang cukup tinggi yang dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik, sehingga dapat memperlancar proses pencernaan dan menjaga keseimbangan mikrobioma usus.


7. Mengurangi peradangan

Peradangan merupakan penyebab paling umum dari rasa sakit dan masalah medis yang kronis, seperti penyakit osteoporosis dan arthritis. Mengalami kondisi medis tersebut akan mempengaruhi kualitas hidup. 

Pada setiap batang seledri dalam segelas jus menyumbangkan sekitar 25 senyawa kimia yang dapat membantu tubuh dalam menghadapi peradangan yang dialami baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.


8. Menurunkan berat badan

Berat badan yang berlebih dapat menyebabkan seseorang terkena obesitas, apabila sudah terkena obesitas akan menimbulkan penyakit-penyakit baru karena terjadinya komplikasi.

Banyak faktor yang membuat berat badan bertambah, salah satunya faktor makanan. Makanan tidak sehat untuk tubuh akan menimbulkan masalah kesehatan, seperti kenaikan berat badan. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro