Ilustrasi rambut rontok/Freepik
Health

6 Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin D

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 5 November 2023 - 14:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang ahli medis menguraikan enam gejala paling umum dari kekurangan vitamin D yang mungkin dialami banyak orang.

Samantha Greener, pakar kesehatan dari Simply Supplements, mengatakan banyak orang tanpa sadar kekurangan nutrisi penting ini karena beberapa gejalanya mudah diabaikan atau dikaitkan dengan gaya hidup yang sibuk, sehingga berpotensi menutupi masalah kesehatan yang lebih signifikan.

Yang mengkhawatirkan, kadar vitamin D yang tidak memadai dapat berkontribusi pada berbagai masalah kesehatan, sehingga menjadikan kesadaran akan gejala sebagai hal yang utama.

Berikut 6 gejala tubuh kekurangan vitamin D

1. Kelelahan

Greener menjelaskan bahwa perasaan lelah yang luar biasa bisa menjadi salah satu tanda kekurangan vitamin D.

“Kekurangan vitamin D sering diabaikan sebagai penyebab kelelahan; Namun, hal ini dapat mengurangi tingkat energi Anda secara signifikan dan menyebabkan masalah tidur,” katanya.

2. Nyeri tulang dan punggung bawah

Nutrisi sinar matahari terkait erat dengan penyerapan kalsium, yang berarti kekurangan kalsium dapat melemahkan tulang Anda.

Hal ini dapat mengakibatkan nyeri tulang, terutama pada tulang yang menahan beban seperti tulang belakang.

Itulah mengapa area punggung bawah sangat rentan terhadap rasa sakit dan ketidaknyamanan.

3. Nyeri otot

Selain tulang, vitamin D juga penting untuk fungsi otot yang optimal, membantu memastikan otot beroperasi secara efisien dan tanpa ketegangan yang tidak perlu.

Pakar tersebut menambahkan: “Selain itu, kekurangan vitamin D terkait erat dengan peningkatan peradangan, yang berkontribusi terhadap nyeri dan nyeri otot.”

4.Sering sakit

Orang dengan kadar vitamin D rendah lebih mungkin terkena pilek, infeksi, dan flu, jadi jika Anda terus-menerus sakit maka kekurangan nutrisi mungkin menjadi faktor penyebabnya,” kata Greener.

5. Rambut rontok

Garis rambut Anda juga bisa menjadi peringatan, karena kadar vitamin D yang tidak mencukupi dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut alami.

Hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya pertumbuhan rambut dan peningkatan kerontokan rambut.

6. Luka sulit sembuh

Pekerjaan lain yang dilakukan vitamin D adalah membantu tubuh Anda memperbaiki dan meregenerasi jaringan.

Jika Anda mengalami luka dan penyembuhannya membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya, itu mungkin menunjukkan bahwa kadar vitamin D Anda terlalu rendah.

Suplemen vitamin D hemat biaya, tersedia secara luas tanpa resep, dan umumnya aman bila dikonsumsi sesuai anjuran.

Orang yang kekurangan nutrisi penting ini harus mempertimbangkan suplemen karena vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan berkontribusi pada kesehatan fungsi tulang, otot, gigi, dan sistem kekebalan tubuh.

Public Health England juga menyarankan semua orang dewasa dan anak-anak di atas usia satu tahun untuk mempertimbangkan mengonsumsi 10 mikrogram vitamin D dalam bentuk pil antara bulan Oktober dan awal Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro