Ilustrasi vitamin D/
Health

Waspada! Kekurangan Vitamin D Bisa Sebabkan Gangguan Kesehatan Mental

Mutiara Nabila
Jumat, 1 September 2023 - 08:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan memelihara kesehatan fisik agar bisa beraktivitas sehari-hari. 

Kesehatan mental berkaitan dengan kondisi emosional dan psikologis. Kedua hal ini menentukan menentukan bagaimana seseorang berpikir, merasakan, dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.  

Selain itu, kesehatan mental juga menentukan bagaimana seseorang menghadapi stress dan bersosialisasi dengan orang lain.

Meskipun kesehatan mental dipengaruhi banyak hal, seperti faktor genetik, kerja otak, dan lingkungan juga mempengaruhi kesehatan mental seseorang. 

Selain itu, tidak jarang berbagai berbagai kondisi fisik seperti mengidap penyakit tertentu juga menyebabkan penyakit mental, salah satunya depresi. 

Adapun, kekurangan salah satu asupan vitamin juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan mental, salah satunya kekurangan Vitamin D. 

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan fisik dan kesehatan mental. Vitamin D diserap oleh bagian-bagian otak yang mengontrol bagaimana seseorang berperilaku, sehingga kecukupan vitamin D sangat berpengaruh terhadap mental seseorang.

Head of Business & Marketing PT Prodia Widyahusada Nelly Sari menyebutkan salah satu penelitian terbaru membahas bahwa Vitamin D berperan dalam regulasi serotonin dan melatonin. Peningkatan status Vitamin D mungkin berguna untuk meningkatkan suasana hati dan pola tidur.

Sejumlah penelitian menunjukkan Vitamin D bisa menjaga kesehatan mental. Hasil dari salah satu penelitian menyatakan rendahnya kadar vitamin D dalam tubuh berhubungan dengan munculnya gejala depresi terutama pada lansia. 

Sedangkan penelitian lainnya menunjukkan bahwa pemberian Vitamin D juga dapat mengurangi gejala-gejala yang dialami oleh penderita depresi.  

Vitamin D juga memiliki pengaruh terhadap produksi hormon serta perkembangan fungsi otak sebagai pusat pengendali suasana hati. Vitamin D juga bersifat sebagai antioksidan sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan saraf dan otak.

Selain itu, Vitamin D juga dapat mempengaruhi kadar hormon monoamin yang diperlukan oleh otak dan memiliki fungsi yang sama dengan beberapa jenis obat anti-depresan yang berguna untuk meningkatkan hormon monoamin pada otak untuk mengatasi depresi.

Meskipun gangguan kesehatan mental seperti depresi disebabkan oleh berbagai hal, asupan vitamin D jadi salah satu kebutuhan utama untuk memperbaiki fungsi otak. Dengan konsumsi vitamin D maka akan mempercepat pemulihan kerja otak dan meringankan gejala depresi.

Penyebab Kekurangan Vitamin D

Beberapa hal bisa menyebabkan seseorang kekurangan Vitamin D, misalnya melakukan diet ekstrem sehingga kekurangan nutrisi termasuk vitamin D.

Kemudian, jarang terpapar sinar matahari, efek konsumsi obat seperti kortikosteroid dan obat penurun kolesterol, dan menderita gangguan kesehatan tertentu seperti hiperparatiroid, gangguan hati, penyakit celiac dan inflammatory bowel disease (crohn’s disease) yang mengganggu proses penyerapan serta sintesis vitamin D dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro