Ilustrasi jerawat
Health

5 Makanan Ini Bisa Memperparah Masalah Jerawat

Redaksi
Selasa, 7 November 2023 - 09:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Jerawat bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari kondisi wajah yang mudah berminyak hingga masalah makanan yang dikonsumsi. 

Faktanya, makanan yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari dapat mempengaruhi pertumbuhan jerawat atau bisa juga justru memperparah kondisi jerawat yang dialami. 

Setiap orang memiliki tingkat kepekaan yang berbeda-beda terhadap lingkungan, produk, dan pola makannya. Meski begitu, dokter kulit dan peneliti telah mampu menemukan hubungan tertentu antara beberapa kelompok makanan dan kondisi jerawat.

Dilansir dari berbagai sumber terpercaya, simak makanan yang dapat menyebabkan jerawat dan memperparah masalah jerawat:

1. Susu Skim

Semakin banyak susu yang diminum, semakin besar kemungkinan untuk berjerawat terutama jika itu susu skim. 

Para ilmuwan masih mencoba mencari tahu alasannya, dan hal ini mungkin saja disebabkan oleh hormon yang dibuat sapi saat hamil dan masuk ke dalam susunya. Seseorang yang memiliki kadar hormon tersebut dalam darahnya lebih tinggi cenderung memiliki lebih banyak jerawat.

2. Gula dan Beberapa Karbohidrat

Kamu lebih mungkin berjerawat jika pola makan penuh dengan makanan dan minuman seperti soda, roti putih, nasi putih, dan kue. 

Gula dan karbohidrat dalam makanan ini cenderung masuk ke dalam darah dengan sangat cepat. Itu berarti makanan tersebut memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang merupakan ukuran bagaimana makanan mempengaruhi gula darah. 

Ketika tubuh kamu memproduksi lebih banyak insulin untuk menurunkan gula darah, hal itu mempengaruhi hormon lain yang dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. 

3. Cokelat

Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak coklat lebih mungkin terkena jerawat. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan coklat dengan kandungan coklat 10 kali lebih banyak tidak lebih mungkin terkena jerawat dibandingkan mereka yang makan coklat biasa. Cokelat hitam, dengan sedikit gula dan susu, mungkin merupakan pilihan yang lebih baik jika  mencoba mengendalikan jerawat. 

4. Kopi

Kafein, gula, dan karbohidrat olahan menyebabkan lonjakan kortisol dalam tubuh. Kortisol adalah hormon stres, dan itulah yang dilepaskan tubuh saat stres. Lonjakan ini dapat menyebabkan tubuh memproduksi minyak secara berlebihan, sehingga menimbulkan jerawat.

5. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji umumnya diproses dan mengandung lebih banyak karbohidrat olahan, yang berarti kandungan gulanya lebih tinggi dan nilai gizinya lebih rendah. 

Karbohidrat olahan menyebabkan lonjakan gula darah dan insulin, yang menyebabkan peradangan dan peningkatan produksi sebum, yang dapat menyebabkan jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro