Garam/istimewa
Health

7 Jenis Garam dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Redaksi
Selasa, 7 November 2023 - 11:00
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Garam adalah mineral kristal yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menambahkan cita rasa pada makanan.

Selain menambahkan cita rasa pada makanan, mineral pada garam juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Ada berbagai jenis garam dan tentunya masing-masing memiliki karakteristik dan manfaat yang berbeda.

Simak beberapa jenis garam dan manfaatnya untuk kesehatan:

1. Garam meja

Garam meja adalah jenis garam yang paling umum dan mudah ditemukan. Garam ini dilengkapi dengan yodium, mineral yang diperlukan untuk mengurangi masalah tiroid serta memiliki manfaat utama untuk mengatur tekanan darah dan detak jantung.

2. Garam hitam

Garam hitam memiliki aroma dan rasa yang khas. Garam ini baik untuk pencernaan, meredakan kembung, dan mencegah sembelit. Garam ini juga kaya akan mineral dan dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit.

3. Garam batu

Garam batu mengandung mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium. Berbagai kandungan dalam garam ini dapat mendukung tingkat tekanan darah yang sehat serta membantu fungsi otot dan saraf.

4. Garam himalaya

Garam Himalaya memiliki warna merah muda yang berasal dari mineral seperti zat besi dan magnesium. Garam ini dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh dan mengandung lebih sedikit zat aditif dari pada garam meja.

5. Garam laut

Garam laut adalah garam yang berasal dari air laut yang diuapkan dan meninggalkan garam alami. Garam laut kaya akan mineral dari laut serta mengandung magnesium, kalsium, kalium, zat besi, seng, dan yodium.

Karena kaya akan mineral, konsumsi ideal garam jenis ini adalah 1 sendok teh setiap hari.

6. Garam laut bambu

Dibuat dengan cara memanggang garam laut dalam batang bambu berkali-kali, garam laut bambu memiliki kandungan mineral dan antioksidan yang tinggi.

7. Garam seledri

Garam seledri menggabungkan manfaat dari seledri dan garam. Garam ini merupakan sumber antioksidan, dapat membantu pencernaan, mendukung kesehatan jantung, dan membantu mengatur tekanan darah karena kandungan kaliumnya. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro