Ilustrasi air lemon atau lemon infused water/Medicine.net
Health

5 Minuman Alami Untuk Sakit Tenggorokan dan Meningkatkan Imun

Redaksi
Selasa, 7 November 2023 - 16:11
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Sakit tenggorokan atau radang tenggorokan adalah masalah kesehatan yang umum terjadi dan bisa menyebabkan batuk.

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi virus, radang amandel, penyakit asam lambung, atau iritasi akibat paparan polusi udara.

Umumnya, air putih hangat adalah minuman yang umum dikonsumsi untuk mengatasi sakit tenggorokan. Namun, selain air putih ada beberapa minuman yang dapat meredakan ataupun mengatasi tenggorokan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa minuman untuk meredakan sakit tenggorokan dan meningkatkan imun.

1. Air hangat dengan lemon dan madu

Mengonsumsi air lemon hangat bisa meredakan sakit tenggorokan karena dapat menambahkan sedikit dosis ekstrak vitamin C. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mengatasi sakit tenggorokan atau pilek.

Menambahkan madu ke dalam air lemon juga dapat mengobati sakit tenggorokan dan batuk.

2. Teh jahe

Faktanya, sebuah penelitian pada tahun 2013 menunjukkan bahwa ekstrak jahe segar yang diseduh dengan air panas dapat membantu melindungi tubuh dari virus yang menyerang pernapasan.

3. Teh chamomile

Selain berguna untuk meningkatkan relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur, teh chamomile yang terbuat dari bunga matricaria kering ini juga dapat mengurangi peradangan di tenggorokan.

4. Teh peppermint

Teh peppermint adalah minuman hangat lainnya yang sering digunakan orang untuk meredakan gejala sakit tenggorokan karena teh ini mengandung spearmint, yang memiliki efek anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit tenggorokan.

Namun, jangan mengonsumsi teh peppermint jika sakit tenggorokan disebabkan oleh refluks asam lambung karena peppermint dapat memperburuk gejala refluks asam lambung.

5. Air garam

Air garam dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat untuk membuat obat kumur.

Cara ini bisa sangat membantu mengurangi rasa sakit akibat sakit tenggorokan, sekaligus membantu membunuh bakteri dan melonggarkan lendir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro