Biji selasih bermanfaat  bagi kesehatan
Health

9 Manfaat Biji Selasih, Tidak Hanya Pelengkap Minuman

Redaksi
Jumat, 3 November 2023 - 17:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Biji selasih sering dijumpai pada minuman-minuman segar sebagai pelengkap minuman dengan teksturnya yang kenyal dan menambah rasa.

Biji selasih didapatkan dari tanaman selasih yang mirip dengan kemangi. Biji ini akan berubah menjadi kenyal jika dicampurkan dengan air. Namun tidak hanya sebagai pelengkap minuman, biji yang satu ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut 9 manfaat biji selasih bagi kesehatan yang wajib diketahui:

1. Kaya Nutrisi

Biji selasih mengandung nutrisi, vitamin esensial, mineral dan antioksidan termasuk asam lemak omega-3.

2. Hidrasi

Biji selasih mengandung air sehingga membantu tubuh tetap terhidrasi dan menjaga fungsi tubuh tetap optimal.


3. Manajemen Berat Badan

Kandungan serat dalam biji selasih dapat membantu merasa kenyang lebih lama, mengurangi asupan kalori dan berpotensi membantu pengelolaan berat badan.

4. Memperlancar Pencernaan

Biji selasih yang penuh serat dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.


5. Menambah Energi

Kombinasi seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak sehat memberikan energi berkelanjutan bagi tubuh.


6. Kesehatan Jantung 

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam biji selasih dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. 


7. Peningkatan Kadar Gula Darah

Studi menunjukkan bahwa serat salah satunya yang terkandung dalam biji selasih dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan kadar gula darah, mengurangi risiko sindrom metabolik dan diabetes tipe 2 .

Penelitian juga menemukan bahwa roti yang mengandung biji selasih memicu respons gula darah yang lebih rendah dibandingkan roti tradisional, sehingga membantu mencegah kadar gula darah tinggi.


8. Mengurangi Radikal Bebas

Antioksidan yang terdapat pada biji selasih dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas menyebabkan stres oksidatif dan kerusakan sel.

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mengurangi risiko terkena berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan radikal bebas, termasuk penyakit jantung , penurunan kognitif dan jenis kanker tertentu.

9. Kesehatan Tulang Lebih Baik

Biji selasih memiliki beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, termasuk magnesium dan fosfor. Satu ons bijinya juga mengandung 18% dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan, yang penting untuk kesehatan tulang, otot, dan fungsi saraf. Jika dibandingkan gram demi gram, biji chia memiliki lebih banyak kalsium dibandingkan produk susu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro