Vaksin pneumonia
Health

Tanda-tanda Pneumonia Sudah Membahayakan Nyawa

Mia Chitra Dinisari
Senin, 13 November 2023 - 12:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pneumonia merupakan infeksi saluran pernapasan yang cukup umum terjadi pada individu.

Ketika kantung udara di paru-paru meradang dan berisi nanah atau cairan lain sehingga sulit bernapas, orang tersebut dikatakan mengidap pneumonia.

Meskipun banyak kasus pneumonia yang ringan dan dapat ditangani di rumah, beberapa kasus mungkin menjadi serius jika tidak diobati dengan benar.

Pneumonia sering kali dimulai dengan gejala ringan dan tidak spesifik yang disalahartikan sebagai flu biasa atau flu, dan inilah yang membuat deteksi dini sulit dilakukan. Namun, dalam satu atau dua hari setelah pilek dan batuk, gejala pneumonia cenderung meningkat.

Seiring berkembangnya infeksi, demam cenderung semakin meningkat, seringkali mencapai suhu 103°F atau bahkan lebih tinggi.

Ditambah lagi, ada peralihan dari batuk kering ke batuk yang lebih hebat, yang sering kali disertai dengan lendir berwarna kuning, hijau, atau berdarah.

Jika warna lendir yang dikeluarkan tidak normal lagi, hal ini merupakan indikator penting terjadinya pneumonia.

Dan jika tanda-tanda ini tidak segera mendapat perhatian, maka sesak napas akan terjadi berikutnya.

Dampak pneumonia terhadap kemampuan paru-paru untuk menukar oksigen dan karbon dioksida menyebabkan kesulitan bernapas, sehingga tugas-tugas sederhana pun menjadi tantangan.

Berikut tanda-tanda pneumonia sudah membahayakan nyawa

1. ​Nyeri dada

Jika gejala di atas dibarengi dengan nyeri dada, hal ini semakin memprihatinkan. Meskipun orang tersebut mungkin mengira nyeri dada terjadi karena sesak napas, hal ini bisa jadi merupakan asumsi yang salah. Nyeri dada biasanya tajam, nyeri menusuk, atau sensasi nyeri tumpul di kedua sisi dada.

Saat Anda mencoba menarik napas lebih dalam, rasa sakitnya cenderung bertambah parah dan batuk bisa memperburuknya. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar infeksinya tidak bertambah parah.

2. ​Bibir dan kuku membiru

Sianosis, yaitu warna kebiruan pada bibir, kuku, atau kulit Anda, adalah tanda pneumonia berbahaya lainnya.

Karena sesak napas yang terus-menerus dan pasokan oksigen yang tidak mencukupi ke jaringan tubuh, tubuh kita perlahan-lahan mulai membiru yang pada gilirannya menyebabkan komplikasi parah dan mengancam nyawa.

Penting untuk diingat bahwa warna kebiruan pada kulit dan tubuh Anda adalah gejala yang sangat terlambat dan harus ditanggapi dengan serius. Jika tidak segera memeriksakan diri ke dokter, akibatnya bisa sangat buruk.

3. Kebingungan saat melakukan tugas sehari-hari

Dalam beberapa kasus pneumonia yang parah, terutama ketika orang lanjut usia tertular infeksi, timbulnya kebingungan dan perubahan kondisi mental dapat terjadi. Gejala ini disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen ke otak akibat gangguan fungsi paru-paru.

Seseorang mungkin mengamati kesulitan dalam melakukan tugas sehari-hari, kelupaan, kurang perhatian dan bahkan keengganan terhadap makanan. Tanda-tanda ini, terutama pada orang lanjut usia, menunjukkan stadium kritis penyakit yang memerlukan konsultasi medis segera.

4. ​Muntah dan mual

Pada anak kecil, mual dan muntah merupakan tanda utama infeksi. Anak-anak dengan pneumonia mungkin mengalami sakit perut atau sakit perut, yang dapat menyebabkan mual dan muntah sesekali.

Jika anak merasa tidak suka dengan makanan kesukaannya, atau muntah-muntah begitu makan sesuatu, ini mungkin merupakan gejala pneumonia.

Jika penyakit ini disertai sesak napas dan demam, penting untuk segera membawanya ke dokter dan gejalanya bisa bertambah parah dalam waktu singkat.

​Cara melindungi diri dari tertular Pneumonia

Untuk mengurangi risiko tertular pneumonia, penting untuk menjaga kebersihan. Mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air, mengenakan pakaian pelindung selama musim dingin, menjaga kebersihan gigi, dll.

Selanjutnya, penting untuk selalu mengikuti perkembangan vaksinasi Pneumonia dan menghindari kontak dekat dengan orang yang menderita pneumonia atau sedang menderita pneumonia. menunjukkan salah satu gejala yang disebutkan.

Menjaga gaya hidup sehat dengan pola makan seimbang dan olahraga teratur untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh serta tidak merokok juga dapat membantu Anda terhindar dari infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro