Tangkapan layar serial Gadis Kretek yang tayang di Netflix/Netflix
Entertainment

Fakta Unik Gadis Kretek, Serial Indonesia Pertama yang Jadi Nomor Satu di Netflix

Mutiara Nabila
Senin, 13 November 2023 - 13:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Jadi serial TV pertama dan nomor satu di Indonesia, Gadis Kretek pasti sudah tak asing lagi di telinga para penggemar Netflix. 

Gadis Kretek adalah serial televisi yang resmi meluncur di Netflix pada 2 November 2023. Serial ini dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Putri Marino, dan Arya Saloka.  

Diangkat dari novel dengan judul yang sama, film dengan jumlah 5 episode ini berlatar belakang industri tembakau Indonesia dan erat kaitannya dengan sejarah negara.  

Menggunakan berlatar tahun 1960-an dan awal 2000-an, menggabungkan dua periode waktu ketika seorang anak laki-laki harus mencari seorang gadis dari masa lalu ayahnya untuk memenuhi keinginan terakhir sang maestro rokok.

Berikut beberapa fakta Gadis Kretek yang menarik untuk diketahui:

1. Adaptasi Novel Ratih Kumala

Seperti yang telah disebutkan, Gadis Kretek adalah film adaptasi dari novel karya Ratih Kumala. Awalnya, dia membuat kisah tersebut hanya dalam bentuk cerita pendek, sebelum akhirnya dijadikan novel seteba 247 halaman. 

Kisahnya pun diambil Ratih dari kisah keluarganya di mana sang kakek memiliki pabrik rokok kretek dan memulainya dari usaha rumahan di daerah Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. 

Namun lantaran pabrik rokok kretek tersebut sudah tutup lama sebelum Ratih lahir, dia meniti kisahnya berdasar dari cerita ibu dan keluarganya. 

2. Jadi Serial Indonesia Pertama di Netflix

Gadis Kretek yang kini sukses menjadi serial nomor 1 di Netflix ternyata adalah serial original pertama dari Indonesia yang ada di Netflix. Selain membawa cerita yang belum pernah ada sebelumnya, serial ini juga mengundang aktor dan aktris ternama Indonesia. 

Beberapa di antaranya ada Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Arya Saloka, Putri Marino, Ibnu Jamil, Sheila Dara, Tissa Biani, Sha Ine Febriyanti, Rukman Rosadi, Verdi Solaiman, Tutie Kirana, hingga Pritt Timothy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro