Ilustrasi pria mengalami gejala penyakit paru-paru kronis/Freepik
Health

Penyebab Penyakit Paru Kronis, Gejala, dan Cara Pencegahannya

Redaksi
Kamis, 16 November 2023 - 15:01
Bagikan

Gejala Paru Kronis 

Gejala PPOK yang paling umum adalah kesulitan bernapas, batuk kronis (terkadang berdahak) dan rasa lelah. Gejala PPOK bisa memburuk dengan cepat atau disebut dengan kondisi flare-up. Ini biasanya berlangsung selama beberapa hari dan seringkali memerlukan obat tambahan.

Penderita PPOK juga memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan lainnya. Ini termasuk, infeksi paru-paru, seperti flu atau pneumonia, kanker paru-paru, masalah jantung, otot lemah dan tulang rapuh, serta depresi dan kecemasan.

Gejala umum PPOK berkembang sejak usia paruh baya dan seterusnya. Seiring berkembangnya PPOK, penderita akan semakin sulit melakukan aktivitas normal sehari-hari, seringkali karena sesak napas. Mungkin terdapat beban keuangan yang cukup besar karena keterbatasan produktivitas di tempat kerja dan rumah, serta biaya perawatan medis.

Tindakan Pencegahan 

Seperti dilansir dari medicaldaily.com pada Kamis (16/11/2023), PPOK adalah penyakit yang dapat dicegah dan langkah utamanya adalah berhenti merokok dan meminimalkan paparan polutan udara. 

Selain itu, penting untuk menggunakan alat pelindung diri saat bekerja di dekat asap dan debu kimia dapat mengurangi risiko terjadinya kondisi tersebut.

Untuk mencegah komplikasi PPOK, pasien dianjurkan untuk mengonsumsi vaksin flu dan pneumonia yang mencegah beberapa infeksi saluran pernafasan. (Ernestina Jesica Toji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro