Telalu lama airpods bisa menyebabkan gangguan pendengaran /www.apple.com
Health

Simak Efek Pakai AirPods, Bisa Sebabkan Infeksi Pada Telinga

Redaksi
Senin, 20 November 2023 - 16:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Airpods merupakan alat nirkabel yang memiliki fungsi sama seperti headset. Airpods saat ini banyak diminati karena dinilai praktis dan fashionable.

Namun, faktanya penggunaan airpods secara berlebih-lebihan justru dapat menyebabkan gangguan pendengaran telinga hingga infeksi pada telinga. 

Dilansir dari mana.md, pada Senin (20/11/2023), American Osteopathic Association memperkirakan 20% remaja masa kini akan mengalami gangguan pendengaran akibat AirPods. Anak-anak kecil yang menggunakan AirPods kemungkinan besar juga akan mengalami infeksi telinga yang menyakitkan. 

Telinga biasanya melakukan pembersihan kondisi telinga secara alami, namun saat penggunaan airpods secara terus-menerus menyebabkan hal tersebut terganggu. 

Selain itu, saluran telinga menjadi semakin lembab dan hangat karena sering ditutup oleh penggunaan airpods. Hal ini menjadikan infeksi pada telinga semakin meningkat. 

Menambahkan volume berlebihan pada infeksi telinga yang sering atau kronis akan mengancam pendengaran. Untuk itu pastikan penggunaan airpods per hari hanya sebanyak 1 jam dengan tingkat volume 60 persen. 

Saat Anda menggunakan AirPods selama lebih dari 90 menit dapat menimbulkan rasa sakit. Tulang rawan di telinga tidak dimaksudkan untuk menahan sesuatu yang berada di dalamnya selama berjam-jam. Menggunakan AirPods terlalu lama dapat menyebabkan telinga menjadi sakit. 

Sebelum kondisi telinga semakin parah, maka kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut dalam menggunakan AirPods: 

1. Tidak Menggunakan Dalam Waktu Lama

Idealnya penggunaan AirPods adalah 1 jam per hari. Hal ini mencegah telinga kehilangan sebagian fungsi alaminya, menghindari infeksi, dan kerusakan pada telinga karena terlalu sering menggunakan AirPods. 


2. Penggunaan Dalam Volume Kecil

Semakin tinggi volume yang digunakan dalam menggunakan AirPods akan mempengaruhi gendang telinga. Jika gendang telinga mengalami kerusakan maka akan menyebabkan kerusakan pendengaran. 


3. Menjaga Kebersihan AirPods

pastikan selalu AirPods kamu bersih. Idealnya, bersihkan setiap kali selesai digunakan. Minimal bersihkan earbud dengan alkohol seminggu sekali. 

Jangan ijinkan orang-orang menggunakan AirPods yang kamu miliki karena akan meningkatkan resiko kamu terkena infeksi pada telinga. 


4. Alternatif Lain

Jika pekerjaan menuntut kamu untuk menggunakan AirPods ataupun kamu lebih suka mendengarkan lagu tapi tidak ingin mengganggu orang lain, kamu bisa menggunakan alternatif lain seperti menggunakan Headphone. Headphone dinilai memiliki resiko yang lebih kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro