Bendera Spanyol/Istimewa
Travel

Ini Dia 20 Kota Terbaik Untuk Ditinggali Menurut Ekspatriat

Mutiara Nabila
Senin, 20 November 2023 - 18:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai seorang ekspatriat, atau orang yang harus bekerja di luar negeri, punya beberapa pertimbangan ketika harus bekerja dan tinggal di kota di negara tertentu. 

Lantas, adakah kota yang terbaik untuk ditinggali di dunia bagi para ekspatriat? 

InterNations, komunitas global terbesar bagi orang-orang yang tinggal dan bekerja di luar negeri, baru saja merilis Peringkat Kota Ekspatriat tahunannya, mengenai tempat terbaik untuk tinggal pada 2023.

Daftar tersebut memeringkat 49 kota, berdasarkan perasaan ekspatriat tentang tinggal dan bekerja di luar negeri pada tahun lalu.

Untuk mendapatkan daftar tersebut, InterNations mensurvei lebih dari 12.000 ekspatriat di seluruh dunia, mewakili 177 kebangsaan dan tinggal di 181 negara atau wilayah.

Laporan tersebut mempertimbangkan faktor-faktor seperti kualitas hidup, kemudahan menetap, keuangan pribadi, dan banyak lagi.

Kota Terbaik di Dunia untuk Ditinggali

Tahun ini, Malaga, Spanyol menduduki peringkat pertama, yang menjadikannya kota terbaik di dunia untuk tinggal dan bekerja.

Sebagai salah satu kota tertua di dunia, Malaga terletak di Andalucia di Costa del Sol (Pantai Matahari).

Kota Mediterania ini terkenal dengan kekayaan sejarah, seni dan budayanya (Picasso lahir di sini), iklim yang menyenangkan, dan makanan lezat.

Malaga tidak hanya menduduki peringkat teratas dalam daftar keseluruhan, namun juga menduduki peringkat nomor satu dalam hal keramahan lokal, iklim, dan cuaca.

Tak hanya itu, Malaga juga menempati posisi pertama dalam subkategori pekerjaan dan waktu luang serta keseimbangan kehidupan kerja. 

Para ekspatriat juga memuji keamanan Malaga, transportasi umum yang terjangkau, berbagai olahraga rekreasional, dan kehidupan sosial yang baik. Namun, ada satu kelemahan besarnya adalah Malaga berada di peringkat 41 untuk pasar kerja lokal.

Sementara itu, Spanyol menjadi negara yang memiliki banyak pemenang tahun ini, dengan total lima kota masuk dalam 20 besar. 

Dua kota Spanyol lainnya berada di peringkat dua dan tiga adalah Alicante dan Valencia, yang menduduki peringkat pertama dalam daftar tahun lalu.

Menurut InterNations, Malaga, Alicante, dan Valencia memiliki beberapa kesamaan, termasuk kemudahan untuk menetap, kualitas hidup yang tinggi, dan peringkat keuangan pribadi yang kuat. 

Negara dengan Peringkat Terendah

Di sisi lain, Milan, Italia, justru berada di peringkat terbawah daftar keseluruhan di peringkat 49, dan menjadikannya kota terburuk di dunia untuk ditinggali. Roma, Italia berada di urutan ke-48, disusul Vancouver, Kanada di urutan ke-47.

Ekspatriat di dua hub Italia itu disebut mempunyai banyak masalah yang sama. Mereka menempati peringkat 10 terbawah dalam empat dari lima indeks survei. Ekspatriat sangat kecewa dengan rendahnya kualitas hidup dan kondisi kerja yang buruk. 

Vancouver, sebaliknya, adalah tempat di mana ekspatriat paling tidak bahagia, dan menduduki peringkat ke-49 dalam indeks kebahagiaan, dan tempat di mana mereka paling kesulitan dengan keuangan pribadi. 

Berikut ini daftar lengkap kota terbaik di dunia untuk ditinggali

1. Malaga, Spanyol

2. Alicante, Spanyol

3. Valencia, Spanyol

4. Ras Al Khaimah

5. Abu Dhabi, UEA

6. Madrid, Spanyol

7. Kota Meksiko, Meksiko

8. Kuala Lumpur, Malaysia

9. Bangkok, Thailand

10. Muskat, Oman

11.Dubai, Uni Emirat Arab

12. Lisboa, Portugal

13. Barcelona, Spanyol

14. Amsterdam, Belanda

15. Nairobi, Kenya

16. Zürich, Swiss

17. Athena, Yunani

18. Stockholm, Swedia

19. Kota Luksemburg, Luksemburg

20. Den Haag, Belanda

Sedangkan 10 kota dengan peringkat terendah untuk ditinggali ekspatriat di dunia pada 2023 adalah

49. Milan, Italia 

48. Roma, Italia 

47. Vancouver, Kanada 

46. Hamburg, Jerman

45. Berlin, Jerman 

44. Dublin, Irlandia 

43. Istanbul, Turki 

42. London, Inggris 

41. Paris, Prancis

40. Seoul, Korea Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro