Olahraga bareng /Bisnis.com-Janlika
Health

Komunitas Bantu Mendorong untuk Hidup Lebih Sehat

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 21 November 2023 - 15:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Hampir 72 persen orang di Indonesia menganggap komunitas pendukung sangat penting dalam menciptakan pola hidup yang sehat.

Hal itu terungkap dari hasil survei Herbalife dari Asia Pacific Power of Community Survey, tentang gaya hidup dan kesehatan.

Mereka mengungkapkan dukungan komunitas meningkatkan motivasi dan komitmen mereka terhadap tujuan kesehatan dan kesejahteraan individu mereka hingga 85%.

Survei juga menemukan bahwa 92% orang Indonesia mulai mempersiapkan gaya hidup sehat karena beragam alasan. Pertama, keinginan untuk tetap bugar dan sehat sebesar 78%, dan untuk memperbaiki kondisi kesehatan mereka saat ini sebesar 58%.

Selain itu juga komunitas memperluas pandangan mereka tentang kesehatan dan kesejahteraan (84%), dan memberikan rasa memiliki dan koneksi sosial (81%).

Secara keseluruhan, komunitas tatap muka dan online dianggap efektif dalam mendukung tujuan kesehatan dan kesejahteraan konsumen, meskipun lebih banyak dari mereka lebih suka komunitas tatap muka. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh manfaat bertemu teman-teman baru atau memperluas lingkaran sosial, kemampuan untuk memastikan pertanggungjawaban terkait kemajuan mereka, dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan tatap muka.

Survei juga mengidentifikasi orang yang paling penting dalam mendukung gaya hidup sehat dan aktif pada konsumen di Indonesia antara lain keluarga, teman-teman, dan rekan-rekan (46%), individu dengan tujuan serupa (23%) dan praktisi kesehatan, seperti dokter dan ahli nutrisi (19%).

Karena dukungan sosial dianggap sebagai faktor penting dalam membantu individu tetap berkomitmen pada tujuan hidup sehat mereka, 69% dari konsumen di Indonesia telah menyatakan niat mereka untuk bergabung dengan komunitas yang memiliki minat seputar nutrisi, kebugaran, atau kesejahteraan dalam 12 bulan mendatang.

Di antara kelompok demografis, Generasi Z dan Milenial konsumen di Asia Pasifik yang lebih muda lebih cenderung bergabung dengan dukungan komunitas (51%), dibandingkan dengan Generasi X dan Baby Boomer (34%). Niat untuk bergabung dengan dukungan komunitas juga secara signifikan lebih tinggi di Vietnam (76%), Indonesia (69%), dan Filipina (68%).

Dari mereka konsumen di Indonesia yang tertarik bergabung dengan dukungan komunitas, 70% bertujuan untuk bergabung dengan komunitas kebugaran, 59% berminat dalam dukungan komunitas kesejahteraan, dan 57% tertarik pada dukungan komunitas nutrisi. Prioritas kesehatan utama konsumen di Indonesia dalam mempertimbangkan partisipasi dalam dukungan komunitas adalah sebagai berikut:

•         Berolahraga secara teratur untuk tetap aktif dan bugar (71%)

•         Menghilangkan kebiasaan gaya hidup negatif (63%)

•         Menerima lebih banyak tips terkait kesehatan dan kesejahteraan (58%)

•         Berlatih kesadaran dan kegiatan kesehatan untuk meningkatkan kesehatan mental (58%)

•         Meningkatkan kebiasaan nutrisi (55%)

•         Menjaga berat badan yang sehat (43%)

Survei dilakukan pada bulan Agustus tahun ini, yang ditujukan untuk mengungkapkan pentingnya dukungan sosial dalam menjalani gaya hidup sehat dan aktif, yang dilakukan kepada 5.500 orang di 11 negara Asia Pasifik - Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Survei ini juga memberikan wawasan tentang manfaat menjadi bagian dari komunitas pendukung yang paling dihargai oleh konsumen dalam perjalanan kesehatan dan kesejahteraan mereka seperti m

Senior Director and General Manager Herbalife Indonesia, Andam Dewi mengatakan temuan survei ini sejalan dengan keyakinan mereka bahwa jaringan dukungan komunitas sangat penting dalam menjaga komitmen orang untuk mencapai tujuan kesehatan mereka.

"Itulah mengapa kami menerapkan pendekatan berbasis komunitas untuk membantu orang menjalani kehidupan yang lebih sehat bersama dengan member independen kami. Jaringan dukungan yang disediakan oleh member independen kami kepada pelanggan mereka sangat penting dalam mencapai hasil yang berkelanjutan. Banyak dari mereka juga menjalankan klub nutrisi dan kegiatan kebugaran komunitas, untuk memotivasi orang untuk mengadopsi gaya hidup sehat dan aktif dalam lingkungan yang ramah dan sosial," kata Andam yang juga mengatakan mereka menggelar Live Your Best Life Herbalife Run 2023 virtual 01 hingga 30 November 2023, yang dilakukan bersamaan di Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Makau, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro