Dinding rumah berjamur hitam
Health

Dinding Rumah Anda Menghitam Karena Jamur? Ini Bahayanya untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 27 November 2023 - 09:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda melihat tembok rumah Anda berubah menjadi hitam karena lembab atau karena bocor saat hujan?

Jamur hitam ini cukup umum terjadi, dan tidak selalu berbahaya bagi manusia

Namun, satu jenis jamur hitam tertentu yang dikenal sebagai stachybotrys chartarum bisa berbahaya karena racun yang dapat dilepaskan di udara.

Para ahli dari Toolstation menjelaskan bahwa stachybotrys chartarum, sejenis jamur hitam, dikenal sebagai salah satu dari 10 jamur paling berbahaya di dunia dan diketahui menyebabkan masalah kesehatan.

“Jamur jenis ini memerlukan kondisi yang sangat basah atau lembab tinggi untuk tumbuh. Laju pertumbuhannya bergantung pada tingkat kelembapan udara, sehingga bisa berkembang dalam hitungan hari atau mungkin butuh waktu berminggu-minggu untuk tumbuh. Jika Anda melihat jamur hitam tumbuh, Anda harus bertindak cepat," ujarnya dilansir dari Express.

Meskipun tidak semua jamur hitam adalah stachybotrys chartarum, stachybotrys chartarum adalah jenis jamur hitam yang paling umum dan sering ditemukan di lingkungan dalam ruangan.

Dokter Neel Patel dari Lloyds Pharmacy Online Doctor, membahas risiko kesehatan yang terkait dengan jamur.

Dia berkata jamur dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit seperti pilek, flu, dan infeksi dada.

“Jika Anda tinggal atau bekerja di suatu tempat yang berjamur, kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah pernapasan atau infeksi, alergi, dan asma. Bayi dan anak-anak, serta orang lanjut usia, lebih sensitif terhadap jamur. Jika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah, misalnya jika Anda sedang menjalani kemoterapi, sangat penting bagi Anda untuk menjauhi jamur.” paparnya.

Cara membersihkan jamur

Menghilangkan jamur itu sendiri bisa berbahaya, namun ada tindakan perlindungan yang dapat Anda lakukan saat membersihkan.

  • Lindungi diri Anda dengan mengenakan sarung tangan, masker wajah, dan kacamata
  • Buka jendela Anda tetapi tutup semua pintu internal
  • Buang barang berjamur
  • Bersihkan jamur dengan hati-hati menggunakan air dan deterjen ringan
  • Hubungi profesional jika Anda sudah mencoba membersihkan jamur, tetapi jamur tetap muncul kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro