Ilustrasi pasangan yang belum menikah/Freepik
Relationship

Ini Tanda Bahwa Pria dan Perempuan Punya Kecocokan

Redaksi
Selasa, 5 Desember 2023 - 11:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kecocokan adalah unsur penting dalam hubungan percintaan, karena hal itu menandakan bagaimana Anda dan pasangan dapat hidup rukun antara pria dan pria.

Kecocokan tidak selalu berarti memiliki sifat, hobi, minat, dan pandangan yang sama,  tetapi memiliki banyak kesamaan dan dapat berkomunikasi secara efektif sehingga mampu mengatasi perbedaan apa pun.

Jika satu sama lain memiliki pandangan dan pendekatan yang berbeda, hal itu akan menyebabkan kesulitan dalam berkomunikasi dan seringnya terjadi konflik dalam hubungan.

Dilansir dari Very Well Mind, ini tanda kalau pria dan perempuan cocok satu sama lain:

1. Komunikasi yang baik

Tanda utama kecocokan adalah adanya komunikasi yang baik, mungkin Anda dan pasangan merasa tertarik satu sama lain saat bertemu. 

Interaksi yang terjadi akan menumbuhkan rasa saling menghargai dan keterlibatan aktif satu sama lain. Adanya rasa terhubung ketika sedang menghabiskan lebih banyak waktu dengan satu sama lain. 

Seiring waktu, hal itu akan mengembangkan rasa kepercayaan hingga timbul rasa nyaman satu sama lain

2. Ketertarikan Fisik

Ketertarikan fisik biasanya akan mendekatkan orang dan menginspirasi mereka untuk berupaya menghabiskan waktu bersama dan mengenal satu sama lain.

Ketertarikan fisik akan berkembang dan tumbuh seiring berjalannya waktu bagi mereka yang cocok secara emosional dan intelektual serta memiliki banyak minat yang sama. Namun, ketertarikan fisik saja tidak dapat diartikan sebagai kecocokan. 

3. Memiliki tujuan yang sama

Tanda kecocokan lainnya adalah menginginkan hal yang sama dalam hubungan. Hal itu akan mendorong keduanya untuk mencapai tujuan tersebut. 

Sebaliknya, jika tidak memiliki tujuan yang sama, justru akan menimbulkan konflik dan berpotensi menjadi pemecah dalam hubungan.

4. Terhubung secara emosional

Orang yang berpasangan harus terhubung secara emosional satu sama lain agar terhubung perasaan satu sama lain dan dapat membantu mengembangkan hubungan emosional yang mendalam. 

Hal ini secara bertahap akan menghasilkan perasaan yang semakin dekat, menumbuhkan rasa kepercayaan, dan keintiman dalam hubungan.

Ketika Anda dan pasangan tidak merasa terhubung secara emosi, Anda harus mampu mengomunikasikan apa yang dirasakan dan meminta apa yang dibutuhkan agar saling mengerti dan terhubung.

5. Saling mendukung

Kecocokan berarti saling mendukung dan mendorong hobi serta minat satu sama lain dengan antusias. Ini juga berarti menghormati dan mengakomodasi preferensi mereka, meskipun preferensi mereka berbeda dengan Anda.

6. Selera Humor yang Mirip

Memiliki selera humor yang sama akan membawa kegembiraan ketika sedang bersama satu sama lain. Hal itu karena tertawa dan bercanda dapat membantu menciptakan dinamika hubungan yang positif dan menyenangkan.

7. Keterbukaan

Indikator kecocokan lainnya adalah merasa nyaman dengan diri sendiri saat bersama pasangan.  Menjadi diri yang apa adanya sehingga tidak hatus menyembunyikan atau menyimpan rahasia dari diri sendiri. Kemampuan untuk jujur sepenuhnya tentang perasaan, harapan, dan impian tanpa menghakimi adalah pertanda kecocokan.

8. Komunikasi yang efektif

Agar bisa serasi, harus bisa berkomunikasi secara efektif, yaitu mampu memahami dan mengungkapkan bahasa cinta satu sama lain sehingga dapat saling memberi dan menerima cinta dengan cara yang memuaskan.

Hal ini juga berarti mampu berkomunikasi secara baik untuk menyelesaikan konflik, dengan adanya  kemampuan untuk mengekspresikan diri secara bebas, mendengarkan pasangan, mencari solusi bersama dan berkompromi satu sama lain.

9. Penerimaan

Kecocokan yang sejati berarti menyadari kekurangan orang lain dan berusaha untuk menerima mereka apa adanya, kekurangan dan ketidaksempurnaan selama tidak ada tindakan merugikan yang disengaja terhadap siapa pun. (Luygi Ambhara Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro