Tanda belum move on dan belum siap menjalin hubungan baru/Naturalsignificance
Relationship

Tips Cinta, 9 Tanda Kamu Belum Siap Menjalin Hubungan Baru

Redaksi
Kamis, 23 November 2023 - 18:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Berkhayal melakukan berbagai hal indah dan menikmati banyak momen-momen spesial bersama pasangan. Padahal kenyataannya, kita belum siap untuk menjalin suatu hubungan pacaran

Apa pun alasannya, penting untuk menunggu sampai benar-benar siap menghadapi apa pun, terutama hubungan jangka panjang. Mencari atau menjalin hubungan romantis membutuhkan banyak waktu, kemauan, tenaga dan perhatian. 

Sulit untuk memberikan 100% kepada pasangan jika masih memiliki aspek lain dalam hidup. Selain itu, mungkin belum adanya kesiapan untuk menjalani suatu hubungan karena kebutuhan mental.

Simak tanda-tanda ketika seseorang belum siap untuk suatu hubungan:

1. Sibuk Pada Kehidupan Sosial

Suatu hubungan akan jauh lebih sulit dilakukan jika terlalu sibuk sehingga sulit menjaga hubungan dengan teman dan keluarga. Jika ingin memperbaikinya, luangkan waktu sejenak dan pertimbangkan tanggung jawab mana yang dapat didahulukan.


2. Belum Melupakan Mantan Kekasih

Melupakan mantan bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, mungkin terkadang berkencan dengan orang baru justru bisa mempercepat prosesnya. 

Berhati-hatilah untuk tidak mendekati orang lain kecuali sudah yakin ingin memulai hubungan yang baru. Tanya pada diri sendiri apakah ingin kembali bersama mantau atau sudah benar-benar siap untuk move on

tanda belum melupakan mantan kekasih, cara move on
tanda belum melupakan mantan kekasih, cara move on

3. Kesulitan Menunjukkan Emosi

Orang yang tidak siap untuk menjalani suatu hubungan sering kali bersikap pendiam dan tertutup. Misalnya, kesulitan menunjukkan emosi kepada seseorang meskipun kepada pasangan yang sangat dipuja. 

Hal itu membuat percakapan dengan pasangan menjadi singkat. Banyak faktor yang dapat menyebabkan hal ini, mungkin berbicara dengan terapis dapat membantu untuk lebih memahami apa yang terbaik.

4. Waktu yang Tidak Tepat

Jangan terburu-buru jika belum yakin. Tindakan terbaik adalah memberinya waktu agar mengetahui apakah saat ini adalah waktu yang tepat untuk memulai hubungan baru, karena hubungan tidak harus dimulai secara instan.

5. Tidak Menjadi Diri Sendiri

Banyak orang menahan diri untuk mengungkapkan pendapat dari diri mereka pada hubungan barunya karena khawatir mereka tidak diterima apa adanya. Itu merupakan tanda tidak adanya kesiapan untuk berkomitmen karena tidak mampu menjadi diri sendiri hanya untuk membuat mereka bahagia.

tanda belum mencintai diri srndiri
tanda belum mencintai diri srndiri


6. Ingin Merubah Kualitas Pasangan

Jika memiliki keinginan memaksakan pasangan dalam suatu hubungan agar menjadi seperti yang diinginkan, maka berkencan mungkin bukan ide terbaik. Hal ini belum tentu diterima oleh pasangan.

Entah itu upaya mencoba berkencan dengan seseorang yang lebih mirip dengan Anda. Namun, menerima pasangan dengan apa adanya adalah cara yang tepat daripada harus memaksakan seseorang untuk menjadi seperti keinginan kita.


7. Tidak Ingin Memiliki Hubungan

Jika menjalin hubungan dengan seseorang menimbulkan rasa curiga, ketakutan atau justru membuka luka yang pernah dialami sebelumnya, maka sebaiknya tunda keinginan tersebut. Hal itu justru akan menghalangi jalannya hubungan. Hargai diri sendiri dan temukan kebahagiaan bagi diri sendiri sampai tiba saat dimana anda membutuhkan pasangan yang mampu membuat anda lupa akan perasaan-perasaan buruk yang terjadi sebelumnya. 


8. Sulit Mempercayai Pasangan

Jika Anda kesulitan memercayai orang lain, itu salah satu tanda yang jelas bahwa Anda belum siap menjalin hubungan. Ini biasanya terjadi karena rasa percaya anda telah rusak dalam hubungan sebelumnya. Apa pun alasannya, tidaklah adil jika merasa curiga dan terlalu mengontrol pasangan. Maka secara perlahan bangun kembali kepercayaan dengan usaha yang terus-menerus.


9. Belum Pernah Menikmati Kesendirian

Anda selalu keluar masuk suatu hubungan. Langsung memiliki pengganti setelah selesai dengan masa lalu. Hal ini menyebabkan ketergantungan yang tidak sehat akan kebutuhan, perhatian dan cinta pada pasangan. Penting untuk bisa tetap melajang dan menikmati hidup. Luangkan waktu istirahat dan pelajari cara menghabiskan waktu bersama diri sendiri, teman, dan keluarga.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang lajang lebih memperhatikan teman dan keluarganya dibandingkan orang yang sudah menikah dan penelitian lain menemukan bahwa mereka memiliki lebih banyak waktu untuk kesehatan.

Jangan terburu-buru menjalin hubungan sampai Anda benar-benar siap. Sendiri mungkin juga lebih menyenangkan, sehingga dapat mengenal diri sendiri dan terhindar dari drama pasangan yang seringkali terjadi. (Luygi Ambhara Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro