Tips Validasi Diri: Tidak Melulu dari Orang Lain. Ilustrasi / Canberra Times
Health

Tips Validasi Diri: Tidak Melulu dari Orang Lain

Redaksi
Kamis, 7 Desember 2023 - 12:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Validasi diri merupakan keterampilan untuk memperhatikan apa yang dirasakan dengan kesadaran dan penerimaan yang tidak menghakimi.

Nyatanya, validasi dari orang lain memang berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri. Namun, perlu diingat bahwa terlalu bergantung pada validasi orang lain bisa memunculkan dampak negatif.

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips agar Anda dapat memvalidasi perasaan sendiri dan tidak perlu menunggu dari orang lain.

1. Self-confession

Pengakuan perasaan yang timbul di dalam diri dan sebagai bentuk memahami diri sendiri terhadap perasaan bahagia ataupun sedih. Mengakui dan menerima bahwa perasaan itu nyata adalah hal yang wajar yang merupakan bagian dari diri Anda.

2. Self-esteem

Anda harus memberikan penghargaan pada diri sendiri (self-esteem) atas segala usaha yang telah dilakukan selama. Keberhasilan dan kegagalan adalah bagian dari proses manusia menjalani hidup.

3. Lebih mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri bukan hal egois dan salah. Orang yang harusnya paling mengenal diri kita sendiri adalah kita. Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain karena lebih baik bersyukur kepada Tuhan.

4. Jangan suka menyalahkan diri sendiri

Menyalahkan diri sendiri karena kegagalan dapat memperburuk keadaan. Lebih baik menenangkan diri serta mengafirmasi bahwa hal buruk akan cepat berlalu. (Syahra Fauzia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro