Mike Tyson/Reuters-Mario Anzuoni
Entertainment

Benarkah Mike Tyson Meninggal Dunia? Fakta atau Hoaks, Ini Profilnya

Redaksi
Kamis, 7 Desember 2023 - 14:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Media sosial dihebohkan dengan salah satu akun @Dee_Rose82 di media sosial X ( sebelumnya twitter) yang membagikan kabar legenda tinju dunia, Mike Tyson meninggal dunia.

Namun, setelah ditelusuri kabar tersebut ternyata hoax atau bohong. Sebab, tidak ada pemberitaan di media terkait kematian Mike Tyson.

Netizen yang mulai kesal mengomentari kabar bohong tersebut “Masa orang setenar Mike Tyson meninggal gak masuk berita TV dan media2 besar lainnya,” tulis @Gumilar86230032.

Saat ini pemilik akun @Dee_Rose82 sudah menghapus kabar bohong yang tadi sudah tersebar di media sosial X.

Untuk Anda yang belum tahu sosok Mike Tyson, simak informasi profil Mike Tyson berikut ini.

Mike “Gerard” Tyson merupakan seorang petinju profesional dan juara kelas berat yang lahir di New York, Amerika Serikat pada tanggal 30 Juni 1966. Dia memiliki postur tubuh yang kuat bagaikan besi sehingga ia mendapatkan julukan “Iron Mike”.

Mike Tyson dikenal sebagai petinju yang paling banyak ditakuti karena kebrutalannya. Diketahui dia sering keluar-masuk penjara anak-anak dan dikeluarkan dari sekolah. Lalu dia diadopsi oleh seorang petinju yang bernama Cus D’Amato karena ia melihat potensi dan bakat yang ada.

Karier Mike Tyson

Pada 16 Maret 1985, Mike Tyson memulai karir tinjunya saat bertanding di Albany, New York. Dia memenangkan pertandingan pada ronde pertama. Selama tahun 1985, Mike bertanding sebanyak 15 kali dan memenangkan semua pertandingan dengan KO.

Pada tahun 1986 dia bertanding sebanyak 12 kali dan melejit dalam peringkat pertama petinju dan menarik perhatian media massa. Pada 22 November 1986, Mike berkesempatan untuk meraih gelar pertamanya dengan melawan Trevor Berbick dalam kelas WBC. Pada usia 20 tahun, Mike Tyson menjadi juara dunia kelas berat termuda di dunia.

Pada tahun 1987, Tyson mempertahankan gelar melawan James 'Bonecrusher' Smith pada tanggal 7 Maret di Las Vegas, Nevada. Ia menang angka dan menambahkan gelarnya WBA milik Smith menjadi koleksinya. 'Tyson mania' meledak di media massa. Ia mengalahkan Pinklon Thomas di bulan Mei dengan KO pada ronde keenam.

Tyson bertanding tiga kali di 1988, melawan petinju veteran dan mantan juara kelas berat Larry Holmes pada 22 Januari dengan kemenangan TKO ronde keempat, melawan Tony Tubbs di Tokyo di bulan Maret, KO ronde kedua, dan melawan Michael Spinks yang diramalkan menjadi lawan berat Tyson, pada 27 Juni, justru tersungkur KO hanya dalam 90 detik pada ronde pertama.

Karier Mike Tyson di dunia tinju mengalami jatuh bangun. Pada tahun 1992, Mike Tyson diadili atas tuduhan pemerkosaan atas peserta pertandingan Miss Black America yang bernama Desiree Washington. Ia dinyatakan bersalah dan dipenjara selama 3 tahun. Akibatnya Mike Tyson tidak lagi bertarung hingga tahun 1995.

Pada Agustus 2003, setelah tahun-tahun perjuangan keuangan, Tyson akhirnya bangkrut. Rekening banknya telah dikatakan berjumlah hanya sekitar 5.000 dolar.

Sang juara dunia resmi mundur dari ring tinju pada 12 Juni 2005. Perjalanan karier si Leher Beton pun kerap diwarnai aksi kontroversi.

Setelah pensiun dari dunia tinju, Mike Tyson mencoba berbagai profesi. Salah satunya aktor film.  Dia sempat adu akting di film Hangover. Selain menjadi aktor, Mike Tyson juga sempat menjajal profesi pelawak dalam pertunjukan stand up comedy. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro