Vaksin pneumonia
Health

Update Kasus  Pneumonia di Indonesia dan Tips Mencegah Penyakit

Redaksi
Minggu, 10 Desember 2023 - 15:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kemenkes telah mendeteksi Mycoplasma Pneumoniae masuk pada kasus rawat di rumah sakit Jakarta. Kasus ini pertama kali ditemukan di China Utara. 

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu mengatakan bahwa dari enam pasien yang terkonfirmasi, lima pasien pernah dirawat di RS Medistra dan 1 pasien di RS JWCC, Jakarta dan kini semua pasien telah sembuh. 

Kendati begitu, pemerintah tetap melakukan penelusuran kasus terutama di lingkungan sekolah dan rumah mengingat bakteri Mycoplasma Pneumonia menyebar melalui droplet.

“Setelah kami konfirmasi, memang saat ini ada 6 kasus Mycoplasma Pneumoniae yang kena dan pernah dirawat di rumah sakit,” dikutip dari siaran resmi, Minggu (10/12/2023).

Maxi Rein menambahkan, semua pasien yang terinfeksi Mycoplasma Pneumonia merupakan anak-anak usia 3-12 tahun. Namun, diketahui bahwa virus ini mayoritas menyerang anak-anak.

Simak 5 Tips Mencegah Pneumonia

Pneumonia atau infeksi paru-paru ini disebabkan oleh penumpukan cairan atau lendir. Hal tersebut mengurangi efektivitas alveoli, yakni kantung udara kecil yang memindahkan oksigen dari udara yang Anda hirup ke dalam darah.

Pneumonia dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti virus, bakteri, jamur, penyakit paru-paru progresif, asma, merokok, penggunaan ventilator, hingga infeksi saluran pernapasan.

Berikut lima cara melindungi tubuh dari pneumonia

1. Pastikan Anda Mendapat Vaksin Pneumonia

Mendapatkan vaksin pneumonia mampu mengurangi, namun tidak menghilangkan risiko Anda terkena pneumonia. 

Ada dua jenis vaksin pneumonia, yaitu vaksin konjugat pneumokokus (PCV13 atau Prevnar 13) dan vaksin polisakarida pneumokokus (PPSV23 atau Pneumovax 23)

2. Rajin Mencuci Tangan

Mencuci tangan merupakan cara terbaik untuk menghindari perpindahan organisme virus, bakteri, jamur ke sistem pernapasan Anda.

Pastikan mencuci tangan secara menyeluruh dan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Basahi tangan Anda dengan air bersih

2. Pakai sabun anti-bakteri secukupnya

3. Busakan dan gosok kedua tangan Anda hingga menyeluruh. Pastikan menggosok ujung jari, kuku, dan pergelangan tangan minimal selama 20 detik

4. Bilas tangan dan pergelangan tangan Anda dengan air bersih dan mengalir.

Anda juga bisa membersihkan tangan dengan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.


3. Hindari Kontak dengan Orang yang Sedang Sakit

Sebagian besar infeksi saluran pernapasan menyebar melalui partikel kecil di udara atau permukaan yang kita sentuh.  Menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit adalah langkah penting demi mencegah infeksi pernafasan hingga pneumonia.

4. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Menjalani hidup sehat dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda melawan infeksi yang dapat menyebabkan pneumonia, seperti:

1. Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang seimbang.

2. Mengonsumsi suplemen seperti vitamin C dan Seng agar meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Berolahraga secara teratur dan hindari merokok.

4. Mengurangi paparan terhadap bahan kimia atau polusi berbahaya.

5. Mencegah Flu Berubah Menjadi Pneumonia

Jika Anda terserang flu, bicarakan dengan dokter Anda tentang langkah proaktif guna mencegahnya berubah menjadi pneumonia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro