Anak introvert lebih nyaman menyendiri /Bisnis.com
Health

10 Ciri-ciri Anak Berkepribadian Introvert

Redaksi
Selasa, 12 Desember 2023 - 17:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Introvert adalah ciri kepribadian yang ditandai dengan fokus pada perasaan internal daripada sumber rangsangan eksternal. Introvert juga biasanya mendapatkan lebih banyak energi dengan menghabiskan waktu sendirian dibandingkan dengan orang lain.

Introvert tidak selalu sama dengan rasa malu, rasa malu menunjukkan ketakutan terhadap orang atau situasi sosial. Sebaliknya, orang introvert memilih untuk tidak menghabiskan banyak waktu berinteraksi dengan orang lain.

Introvert terlihat sejak kecil, terdapat ciri-ciri yang kemungkinan anak adalah seorang yang introvert.

Dilansir dari berbagai sumber, simak ciri-ciri anak akan menjadi introvert:

1. Menghindari Kontak Mata

Anak introvert bisa merasa malu jika melakukan kontak mata dengan orang lain, maka dari itu mereka sering menghindarinya. Mereka mungkin terlihat mengabaikan orang baru, padahal sebenarnya mereka hanya berusaha melindungi diri agar tidak merasa terintimidasi.

2. Terlihat pendiam 

Seorang anak introvert mungkin tampak pendiam, karena mereka lebih suka mengamati dan mendengarkan daripada terlibat dalam percakapan terus-menerus.

3. Lebih suka menyendiri

Introvert mendapatkan energinya dari kesendirian, waktu yang dihabiskan sendirian akan memberinya energi. Anak akan menghabiskan waktu melakukan aktivitas sendirian seperti membaca, menggambar, atau bermain game komputer. Banyak anak introvert memiliki imajinasi yang hidup dan hadir bagi mereka. 

4. Jeli dan berorientasi pada detail 

Seorang introvert sangat jeli dan berorientasi pada detail,  cenderung memperhatikan hal-hal yang mungkin diabaikan orang lain. Kemampuan terhadap detail dapat membuat anak menjadi pendengar yang baik dan seorang yang teliti. Sehingga, mampu memahami emosi orang lain dan berempati dengan perasaan orang lain.

5. Asik dengan Mainannya

Anak introvert mungkin mengobrol panjang lebar dengan dirinya sendiri atau mainan yang ada di kamarnya. Mereka akan merasa aman dan memiliki privasi untuk mengungkapkan perasaannya tanpa rasa takut dihakimi.


6. Berfikir sebelum menyimpulkan

Anak-anak introvert cenderung bijaksana dan berhati-hati dalam proses pengambilan keputusan. Mereka tidak langsung mengambil kesimpulan tetapi memikirkannya secara matang terlebih dahulu.

anak introvert
anak introvert


7. Memiliki sedikit teman

Meskipun terlihat hanya memiliki sedikit teman, seorang introvert justru memiliki hubungan yang mendalam dan bermakna, mereka membangun ikatan yang kuat pada beberapa orang, dimana mereka merasa nyaman untuk berbagi pemikiran dan perasaan.


8. Butuh waktu untuk beradaptasi

Anak yang introvert membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Mereka akan mengamati lingkungan sekitar sebelum terlibat sepenuhnya dengan lingkungan tersebut.


9. Senang bekerja secara mandiri

Lebih menyukai bekerja secara mandiri dibandingkan berkelompok. Hal ini membuat mereka dapat berkonsentrasi lebih baik dan menghasilkan pekerjaan yang lebih berkualitas.


10. Sensitif terhadap rangsangan

Mereka akan mudah kewalahan jika mendengar suara keras, cahaya terang, atau kerumunan orang, sehingga mereka lebih memilih lingkungan yang lebih tenang. (Luygi Ambhara Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro