Ilustrasi pengemudi mobil merasa kantuk saat di perjalanan/Freepik
Health

9 Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Redaksi
Rabu, 13 Desember 2023 - 17:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mabuk perjalanan adalah kondisi tidak nyaman yang dialami saat bepergian dengan kendaraan tertentu.

Biasanya mabuk perjalanan ditandai dengan beberapa reaksi yang bermacam-macam seperti pusing atau sakit kepala, mual hingga muntah.

Meskipun tidak berbahaya, mabuk perjalanan dapat mengganggu aktivitas dan membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan.

Di sisi lain, mabuk perjalanan membuat seseorang trauma melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir, mabuk perjalanan bisa diatasi.

Dilansir dari Hindustan Times, berikut 9 tips mencegah mabuk perjalanan saat Anda bepergian:

1. Pilih tempat duduk yang sesuai

Mabuk perjalanan akan lebih parah ketika salah pilih tempat duduk saat berada di kendaraan. Cobalah untuk mengubah tempat duduk, hal ini akan membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan yang dirasakan.

Saat bepergian dengan mobil pilihlah kursi penumpang depan. Saat naik perahu, Anda harus memilih kursi di tengah. Saat di pesawat cobalah untuk duduk di atas sayap. Saat di kereta Anda perlu menghadap ke depan dan duduk di dekat jendela.

2. Mencari udara yang sangat dibutuhkan

Saat melakukan perjalanan jauh, umumnya ketika merasa bosan dan penat. Apalagi jika melewati jalanan yang berliku dan macet.

Untuk mengatasinya, cobalah mencari udara segar. Buka sedikit jendela agar dapat menghirup udara segar. Hal itu membantu mengurangi mual dan pusing.

3. Hindari membaca saat bepergian

Jika Anda hobi membaca namun kerap mengalami mabuk perjalanan, hindari membaca saat Anda berada di dalam mobil, pesawat, atau perahu. 

Membaca buku ketika dalam perjalanan dapat menimbulkan rasa pusing atau mual. Hal ini disebabkan ketidakselarasan antara telinga dan mata. Ketika mata fokus pada satu titik, tubuh berusaha untuk menyeimbangkan posisi karena adanya guncangan saat perjalanan.

4. Hindari makanan berat sebelum bepergian

Mengisi perut sebelum perjalanan memang diperlukan. Namun jangan sampai berlebihan serta hindari makanan berminyak, pedas, dan asam karena makananan ini memperburuk keasaman dan membuat Anda merasa mual. Selain itu, guncangan dari kendaran juga bisa menyebabkan mual dan pusing.

5. Berbaring

Berbaring untuk sebagian orang akan membuat kondisi tubuh lebih baik. Anda dapat melakukannya ketika Anda bepergian dengan mobil atau bahkan kereta api. 

6. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik bisa menenangkan dan membantu Anda mengatasi mual yang mengganggu. Pilihlah musik apa pun sesuai selera Anda.

7. Kunyah daun kemangi saat bepergian

Melakukan hal ini akan membantu Anda mengatasi gejala mabuk perjalanan seperti mual dan muntah.

8. Istirahat

Cara selanjutnya untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah dengan menutup mata dan bernapas secara perlahan. Jika Anda menggunakan mobil, Anda bisa membuka kaca jendela dan menghirup udara segar beberapa menit.

9. Minum obat

Jika beberapa cara di atas telah dilakukan, tetapi mabuk perjalanan yang dialami belum juga mereda, Anda bisa minum obat mabuk perjalanan, seperti dimenhydrinate atau scopolamine. Agar bekerja dengan maksimal, obat mabuk perjalanan harus diminum sebelum Anda bepergian. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro