Ilustrasi dehidrasi/Istimewa
Health

Sering Menahan Lapar, Ini 10 Dampak Buruk Bagi Kesehatan Tubuh

Redaksi
Rabu, 13 Desember 2023 - 18:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kelaparan dapat memengaruhi masalah metabolisme tubuh, selain itu juga berdampak pada kondisi fisik dan mental.

Ketika tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat, organ vital seperti jantung, paru-paru, ovarium, dan bahkan jaringan kita akan terkena dampaknya.

Dilansir dari Pinkvilla, simak dampak yang bahaya bagi kesehatan saat kelaparan:

1. Diare 

Salah satu tanda kelaparan yang paling umum adalah diare. Diare merupakan akibat umum dari kelaparan baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Masuknya makanan dalam jumlah besar secara tiba-tiba menyebabkan sakit perut dan muntah-muntah disertai diare.


2. Metabolisme Sangat Terpengaruh 

Kelaparan dalam jangka waktu yang lama dapat berdampak buruk pada kapasitas tubuh untuk menyerap nutrisi, rendahnya asupan air dan makanan sangat merugikan sistem pencernaan sehingga tidak mampu memproses atau menangani peningkatan pola makan secara cepat, terutama jika itu adalah makanan berlemak. 


3. Dehidrasi 

Sebuah teori mengemukakan bahwa asupan cairan diatur oleh asupan makanan, sebagian besar makanan yang kita makan mengandung air dan juga menghasilkan air melalui proses metabolisme. Saat seseorang kelaparan, maka dia bisa mengalami dehidrasi.


4. Rambut Rontok 

Salah satu tanda kelaparan adalah rambut rontok. Meskipun ada banyak alasan mengapa orang menghadapi masalah rambut rontok, salah satunya adalah karena kelaparan dan tidak terpenuhinya kebutuhan protein, mineral dan suplemen yang dibutuhkan oleh tubuh. Berkurangnya zat besi dan asam amino juga menyebabkan masalah kerusakan rambut. 


5. Kelelahan

Kelelahan bisa terjadi ketika melewatkan sarapan jika tubuh kita sudah terbiasa dengan sarapan. Lalu, bagaimana jika melewatkan makan sepanjang hari? bisa menyebabkan lelah, pusing dan letih. Untuk menghindari itu semua, penting untuk menjaga asupan kalori harian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro