kelopak mata bengkak
Health

Cara Mengobati Kelopak Bawah Mata yang Bengkak

Redaksi
Jumat, 15 Desember 2023 - 19:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kelopak Mata Bawah bengkak adalah kondisi yang biasa dialami ketika seseorang baru bangun tidur, kurang tidur dan setelah menangis.

Namun, tidak hanya karena masalah yang umum terjadi. Kelopak mata bawah bengkak juga dapat disebabkan oleh penyakit tertentu seperti bintitan, alergi, blepharitis, konjungtivitis, dan chalazion.

Kondisi ini dapat menganggu aktivitas dan menganggu penampilan sehingga membuat seseorang merasa malu atau tidak percaya diri. Oleh karena itu, kondisi ini perlu diatasi.

Namun, Anda tidak perlu khawatir ada beberapa cara ampuh yang bisa Anda coba untuk mengatasi mata bengkak.

1. Kompres

Letakkan kain bersih dan basah di kelopak mata selama sekitar 15 menit untuk membantu melonggarkan cairan yang berkerak dan menyingkirkan minyak yang tersumbat pada kelenjar Anda.

2. Cuci area dengan lembut

Setelah menggunakan kompres, gunakan kapas atau waslap untuk membersihkan kelopak mata Anda dengan lembut. Pastikan Anda membilas area mata Anda dengan baik setelahnya. Anda juga dapat menggunakan larutan garam untuk membilas area tersebut jika Anda memiliki cairan atau kerak di sekitar mata atau di bulu mata Anda.

3. Hindari pemicu

Saat Anda memiliki gejala, jangan memakai riasan mata atau lensa kontak. Tidurlah dengan cukup dan hindari sinar matahari langsung agar mata Anda bisa beristirahat.

4. Gunakan tetes mata

Gunakan tetes mata yang dijual bebas untuk menjaga mata Anda tetap lembab dan nyaman. Tetes antihistamin dapat membantu mengatasi alergi dan dapat membantu jika kelopak mata Anda bengkak karena alergi. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro