Perempuan sedang menahan kencing
Health

Simak Bahaya Menahan Buang Air Kecil Terlalu Lama

Redaksi
Sabtu, 16 Desember 2023 - 14:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menahan buang air kecil adalah kebiasaan yang sering dilakukan, banyak orang menahan diri untuk tidak buang air kecil di toilet umum atau menggunakan toilet di tempat umum. Mereka cenderung menahan kencing dalam waktu lama karena masalah kebersihan.

Menahan buang air kecil adalah kebiasaan yang sering dianggap sepele. Ada kalanya perlu menahan kencing, tetapi jika menahannya terlalu lama, bisa terjadi masalah kesehatan.

1. Nyeri

Orang mungkin mengalami nyeri pada kandung kemih dan ginjal saat menahan kencing terlalu lama. Selain itu, adanya rasa nyeri saat buang air kecil. Sebab, menahan kencing bisa menyebabkan nyeri pada otot karena harus bekerja lebih lama. 

2. Infeksi saluran kemih

Beberapa gejala saluran kemih adalah adanya darah dalam urin, sensasi terbakar saat buang air kecil, keinginan untuk buang air kecil terus-menerus, urin berwarna gelap, urin memiliki bau, nyeri di perut bagian bawah atau daerah panggul. Orang yang minum lebih sedikit air lebih rentan terhadap kondisi kesehatan ini, hal ini disebabkan karena  bakteri yang mudah menyebar melalui saluran kemih.

3. Batu ginjal

Batu ginjal dapat terjadi jika menahan kencing dalam waktu lama. Hal ini dapat menimbulkan rasa sakit, dan mungkin memerlukan pembedahan untuk menghilangkan batu tersebut. Terjadinya batu ginjal meningkat pada orang yang minum lebih sedikit air. 

4. Peregangan Kandung Kemih

Kandung kemih bisa meregang jika terus-menerus menahan buang air kecil. Akibatnya, kandung kemih menjadi sulit berkontraksi. Hal ini akan menyebabkan sulitnya mengeluarkan urin, juga bisa menyebabkan pecahnya kandung kemih akibat menahan kencing terlalu lama.  

5. Inkontinensia Urin

Menahan buang air kecil terlalu sering atau dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan risiko inkontinensia urine. Ini terjadi karena kebiasaan menahan urine dapat merusak otot-otot panggul dan saraf-saraf yang mengendalikan kandung kemih. Hal ini juga mengakibatkan hilangnya kendali atas kemampuan untuk menahan urine sehingga menjadi mengalami kebocoran urine yang tidak terkendali.

Cara Mencegah

Ketika tubuh perlu buang air kecil, maka segera lakukan tanpa menundanya. Hal ini untuk mencegah terjadinya penumpukan urin dalam kandung kemih sehingga menyebabkan infeksi saluran kemih hingga kerusakan ginjal. Selain itu, penting untuk minum air putih yang banyak agar urin tetap encer dan untuk mencegah adanya batu ginjal.

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan ketika benar-benar harus menahan buang air kecil adalah sebagai berikut:

• Alihkan pikiran dengan melakukan aktivitas yang membuat otak teralihkan, mungkin dengan mendengarkan musik. 

• Jika sedang duduk, harus tetap duduk. Banyak gerak akan membuat urin menjadi tidak tertahankan dan justru semakin ingin mengeluarkannya.

• Usahakan untuk tetap hangat karena keinginan untuk buang air kecil meningkat karena kedinginan. (Luygi Ambhara Putri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro