Tes urine/genengnews.com
Health

Bahaya, Ini Risiko Menahan Kencing dan Penyakit yang Bisa Timbul

Elsa Hayati Sukma
Senin, 27 Februari 2023 - 12:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kandung kemih merupakan organ yang menampung urin. Urin yang diproduksi dapat menampung sampai penuh hingga perlu untuk dikeluarkan. 

Menahan kencing bukan merupakan hal yang baik bagi kesehatan tubuh yang dapat menimbulkan masalah pada kesehatan. 

Kapasitas kandung kemih manusia yang sehat dapat menampung 1,5-2 cangkir atau 300-400 ml  pada siang hari, dan pada malam hari menampung hingga 4 gelas atau 800 ml. 

Anak-anak memiliki kandung kemih yang lebih kecil karena tubuh mereka masih berkembang dan ukuran kandung kemih sekitar 30 ml. 

Saat kandung kemih terisi setengah dengan cairan, maka ia mengirimkan sinyal kepada otak bahwa sudah waktunya untuk dikeluarkan dan otak memberi dorongan untuk membuang urin yang tertampung penuh. 

Ini berbagai macam penyakit yang timbul dari menahan kencing:

1. Sakit 

Terbiasa menahan kencing menyebabkan sakit pada kandung kemih atau ginjal. Saat hendak ingin membuangnya mungkin akan terasa lebih sakit dari sebelumnya. Otot-otot juga dapat tetap terkepal sebagian yang dapat menyebabkan kram pada pinggul. 

2. Infeksi saluran kemih 

Pada beberapa kasus, menahan kencing terlalu lama menyebabkan bakteri yang berkembang biak yang menyebabkan infeksi pada saluran kemih. 

Orang yang tidak cukup minum cairan sesuai aturan lebih memungkinkan terkena ISK (infeksi saluran kemih) karena kandung kemih tidak sering memberitahu tubuh untuk buang air yang menyebabkan bakteri menyebar dan terjadi infeksi. 

Gejala yang didapatkan jika terkena ISK yaitu perasaan terbakar saat B.A.K, rasa sakit pinggul, Urin yang berbau, Urin keruh tidak berwarna, urin gelap secara terus menerus, urin berdarah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro