Partikel virus flu babi (influenza tipe A subtipe H1N1)/NIAID
Health

Kasus Influenza di Jepang dan Amerika Melonjak Tertinggi dalam 10 Tahun Terakhir

Redaksi
Selasa, 19 Desember 2023 - 12:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Influenza memberikan tekanan pada tubuh Anda sehingga dapat menyebabkan kondisi serius seperti pneumonia atau stroke.

Pemerintah Jepang mencatat jumlah rata-rata pasien influenza di ribuan institusi medis yang ditunjuk secara nasional telah mencapai level peringatan, lantaran meningkat begitu cepat dalam 10 tahun terakhir.

Di sekitar 5 ribu institusi, sebanyak 166.690 orang telah dilaporkan menderita Influenza dalam seminggu hingga 10 Desember, rata-rata 33,72 orang per fasilitas. Jumlah ini melebihi tingkat peringatan 30, menurut Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan.

Institut Nasional Penyakit Menular memperkirakan bahwa jumlah pasien secara nasional berjumlah sekitar 1.118.000 selama periode yang sama.

Dilansir dari The Japan Times, penyebaran cepat ini menunjukkan ada penurunan kekebalan terhadap influenza, usai kasus influenza menurun dalam beberapa tahun terakhir di tengah marak pandemi Covid-19.

Selain Negeri Sakura, kasus influenza juga meningkat di Amerika Serikat (AS). Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sejauh ini masih meneliti penyebab melonjaknya kasus flu di negeri paman sam Amerika Serikat.

CDC memperkirakan bahwa setidaknya 2,6 juta kasus penyakit, 23.000 rawat inap, dan 1.300 kematian telah diakibatkan oleh influenza sepanjang musim ini di Amerika Serikat.

CDC pun merekomendasikan agar semua orang yang berusia 6 bulan ke atas mendapatkan vaksin flu tahunan. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro