Ilustrasi batu ginjal/harvarduniversity
Health

Ini Makanan dan Minuman yang Baik dan Bahaya Bagi Ginjal

Redaksi
Rabu, 20 Desember 2023 - 17:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyakit batu ginjal dapat muncul akibat kebiasaan sehari-hari yang kerap tidak disadari atau dianggap sepele oleh kebanyakan orang.

Batu ginjal adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal yang ukurannya kecil masih mungkin dikeluarkan oleh tubuh melalui urine.

Namun, batu ginjal yang sudah membesar sulit untuk dikeluarkan. Kemunculan batu ginjal dapat dicegah dengan menghindari kebiasaan buruk yang menjadi pemicu munculnya batu ginjal.

Ini kebiasaan buruk sehari-hari yang menyebabkan batu ginjal:

1. Kurang minum air putih

Kurang minum air putih yang cukup setiap hari dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Orang yang tinggal di iklim yang hangat dan banyak berkeringat berisiko lebih tinggi daripada yang lain.

2. Kelebihan asupan garam dan gula 

Makan makanan yang tinggi protein, natrium (garam) dan gula dapat meningkatkan risiko beberapa jenis batu ginjal. Hal ini terutama berlaku dengan diet tinggi natrium. Terlalu banyak garam dalam diet Anda meningkatkan jumlah kalsium yang harus disaring oleh ginjal Anda dan secara signifikan meningkatkan risiko batu ginjal.

3. Makan protein hewani

Konsumsi makanan sumber protein hewani secara berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh yang juga memicu munculnya batu ginjal.

Makanan sumber protein hewani ini misalnya daging merah, daging unggas, makanan laut, telur, hingga susu.

4. Makanan kaya oksalat

Bukan hanya makanan tidak sehat yang bisa menjadi masalah. Oksalat, ditemukan di banyak buah, sayuran, dan kacang-kacangan, dapat menyebabkan kristal terbentuk. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui makanan mana yang rendah oksalat.

5. Obesitas

Indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi, ukuran pinggang yang besar dan penambahan berat badan dikaitkan dengan peningkatan risiko batu ginjal.

Simak beberapa jenis makanan dan minuman yang dianjurkan untuk penderita batu ginjal:

1. Air putih

Saat tubuh kekurangan air, maka konsentrat pada urin dapat mengendap dan membentuk kristal. Itulah pentingnya menjaga kecukupan cairan dengan banyak minum air putih sesuai anjuran.

2. Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang menghentikan pembentukan batu ginjal dan membantu memecah batu yang sudah terbentuk. 

3. Sayuran silangan

Sayuran yang kaya akan kalium seperti kubis brussel, brokoli dan kangkung mengurangi kehilangan kalsium dan menghentikan pembentukan batu ginjal. Makanan ini juga memiliki efek antioksidan yang membantu mencegah kanker kandung kemih, prostat, dan ginjal.

4. Biji-bijian utuh

Sebagian besar biji-bijian berkontribusi pada berat badan yang sehat yang membantu dalam pencegahan dan pengobatan batu ginjal.

5. Kalsium

Kalsium dalam susu dan yogurt dapat mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro