Ilustrasi migrain atau sakit kepala/mims.com
Health

Minuman yang Membantu Menyembuhkan Sakit Kepala Mendadak

Redaksi
Kamis, 21 Desember 2023 - 09:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sakit kepala merupakan gangguan paling umum dialami yang mempengaruhi sistem saraf. Kondisi ini bisa berupa denyut yang tiba-tiba atau rasa sakit terus-menerus pada kepala dalam waktu yang lama.

Sebagian besar orang meredakan sakit kepala mendadak dengan minum obat atau mengoleskan balsem yang dapat mengencangkan kulit. Sebab, obat pereda nyeri instan ini merupakan solusi cepat. Namun sering kali melupakan fakta bahwa obat pereda nyeri instan memiliki efek samping.

Dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa minuman sederhana yang dapat membantu meredakan sakit kepala:

1. Teh peppermint

Aroma yang kuat dan khasiat obat dari peppermint, membantu mengendurkan kekakuan otot dan melegakan saraf, yang selanjutnya membantu mengurangi rasa sakit akibat sakit kepala mendadak. Minum teh peppermint diyakini dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi rasa tidak nyaman.


2. Teh jahe

Teh jahe adalah minuman penyembuh yang secara langsung membantu melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke otak. 

Cukup potong dan kupas 1 inci jahe dalam dua gelas air, rebus airnya dan setelah teh berkurang menjadi setengahnya, minumlah dengan satu sendok teh madu, ini bekerja sangat baik untuk sakit kepala dan sifat anti-inflamasinya dapat mengaktifkan opiat alami di otak, yang membantu penyembuhan sekaligus mengurangi rasa sakit.

3. Air lemon

Salah satu minuman paling sederhana namun efektif untuk menyembuhkan sakit kepala mendadak adalah air lemon. Tidak hanya menyembuhkan sakit kepala akibat mabuk tetapi efektif untuk hampir semua jenis sakit kepala. 

Cukup rebus air dan peras setengah atau satu buah lemon, minuman ini berfungsi sebagai detoksifikasi dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan bekerja secara ajaib untuk sakit kepala yang disebabkan karena masalah pencernaan.

4. Teh feverfew

Feverfew juga dikenal sebagai Aspirin Abad Pertengahan karena memiliki khasiat obat, yang membantu penyembuhan sakit kepala akibat migrain secara alami. Obat kuno ini sangat sederhana. 

Cukup rendam beberapa daun dalam air panas, diamkan selama beberapa waktu. Anda bisa membuat teh menggunakan susu atau hanya meminum tehnya dengan menyaring airnya ke dalam cangkir dan menambahkan sesendok madu. Obat kuno ini juga membantu mencegah sakit kepala.

5. Kafein

Kafein seperti teh, kopi, dan buah guarana mengandung banyak kafein. Kafein dapat meredakan atau memicu gejala migrain. Namun Anda disarankan untuk mengonsumsi dalam jumlah sedikit. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro