Kucing/istimewa
Health

Bolehkah Tidur dengan Hewan Peliharaan?

Redaksi
Kamis, 21 Desember 2023 - 19:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Seorang penyayang binatang, mungkin tidak pernah berpikir dua kali untuk mengajak hewan peliharaan tidur di tempat tidur Anda. 

Sebagian besar pemilik hewan peliharaan menganggap hewan peliharaan mereka sebagai anggota keluarga, sehingga mereka akan berusaha keras untuk memastikan kenyamanan dan kebahagiaan bagi hewan kesayangannya.

Namun dengan meningkatnya fokus pada kesehatan tidur, orang-orang mulai mempertimbangkan kembali kerugian dari tidur bersama hewan peliharaan mereka.

Penelitian dan pengalaman subjektif manusia menunjukkan bahwa tidur dengan hewan peliharaan dapat memberikan berbagai manfaat.

Kenyamanan dan Keamanan

Beberapa orang memilih hewan peliharaan, terutama anjing , demi keamanan dan perlindungan. Anjing pemandu dapat memberikan dukungan emosional kepada penderita gangguan stres pascatrauma (PTSD) ketika mengalami mimpi buruk.

Anjing penolong PTSD dilatih untuk mengidentifikasi tanda-tanda fisik yang menunjukkan seseorang mengalami mimpi buruk, sehingga mereka dapat mengganggu mimpi buruk tersebut dengan membangunkannya.

Kesehatan Emosional yang Lebih Baik

Memiliki hewan peliharaan dapat mengurangi kecemasan dan kesepian, meringankan gejala kondisi kesehatan mental , membantu mengatur emosi, dan menambah tujuan dan makna hidup. Cinta tanpa syarat dari hewan peliharaan dapat meningkatkan kadar oksitosin pada orang dewasa dan mengurangi kadar kortisol pada anak-anak yang berhubungan dengan relaksasi dan pengurangan stres.

Meningkatkan Imunitas

Kehadiran anjing atau kucing secara signifikan mempengaruhi susunan bakteri yang terdapat di dalam rumah, yang pada akhirnya berdampak pada kekebalan tubuh manusia yang tinggal di sana.

Para peneliti berhipotesis bahwa paparan terhadap beragam mikroorganisme bermanfaat bagi kesehatan manusia dan memperkuat kekebalan tubuh. 

Kesehatan Seluruh Tubuh

Hewan peliharaan terbukti meningkatkan kesehatan fisik manusia dalam banyak hal, termasuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida serta menurunkan tekanan darah.

Orang-orang  yang memiliki seekor anjing berkorelasi dengan penurunan risiko kematian, kemungkinan besar karena efek positifnya pada sistem kardiovaskular. Penelitian awal tentang topik ini menemukan bahwa memelihara anjing mengurangi tekanan darah dan detak jantung.

Tips Tidur Dengan Hewan Peliharaan

Jika memutuskan untuk tidur dengan hewan peliharaan, tips berikut dapat meningkatkan kualitas tidur dengan hewan peliharaan.

  1. Gunakan kasur dengan ukuran yang tepat: Untuk mengurangi gangguan saat berpindah posisi tidur, pastikan kasur cukup besar untuk menampung Anda dan hewan peliharaan.
  2. Cuci seprai dan seprai secara teratur: Kebersihan yang baik adalah kunci untuk mencegah penyebaran kuman yang tidak diinginkan. Cucilah tempat tidur secara rutin, serta tempat tidur atau selimut hewan peliharaan yang dibawa ke kamar tidur.
  3. Ikuti perkembangan kunjungan dokter hewan : Menjaga hewan peliharaan Anda bebas dari penyakit juga akan melindungi Anda. Pastikan hewan peliharaan Anda mendapatkan vaksinasi yang direkomendasikan untuk spesiesnya, dan pertahankan jadwal perawatan kutu dan obat cacing yang ditentukan oleh dokter hewan.
  4. Jangan biarkan hewan peliharaan menjilat atau mencium wajah Anda: Jika memungkinkan, hindari membiarkan hewan peliharaan Anda menjilat wajah atau luka terbuka lainnya, karena berpotensi menularkan penyakit kepada Anda.
  5. Pertahankan rutinitas waktu tidur yang konsisten: Seperti halnya manusia, hewan memiliki ritme sirkadian yang mengatur kapan mereka merasa lelah dan kapan mereka merasa terjaga.
  6. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu Anda dan hewan peliharaan Anda tetap berada pada siklus tidur-bangun yang relatif sama dan melindungi dari kegelisahan di malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro