Pohon Natal terbuat dari emas dijual di Ginza, Tokyo Jepang/rare delights
Travel

20 Perayaan Natal Unik di Berbagai Negara

Redaksi
Minggu, 24 Desember 2023 - 14:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Natal selalu dinantikan oleh masyarakat diseluruh dunia, hal itu karena banyak hal spesial yang dihadirkan dan banyak tradisi yang dilakukan ketika Natal.

Keluarga dan teman akan berkumpul untuk mengingat hal-hal baik yang mereka miliki. Anak-anak juga turut memeriahkan dan menyukai Natal karena ketika Natal, anak-anak akan mendapatkan banyak hadiah.

Setiap negara memiliki cara uniknya sendiri untuk merayakan Natal bersama keluarga.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini merupakan tradisi Natal yang unik dari berbagai negara di dunia.

1. Swedia

Setiap perayaan natal, di Swedia akan membuat figur kambing yule raksasa. Kambing Yule telah menjadi simbol Natal di Swedia sejak festival pagan kuno. Kambing tersebut memiliki tinggi lebih dari 42 kaki, lebar 23 kaki, dan berat 3,6 ton. Kambing raksasa tersebut dibangun di tempat yang sama setiap tahunnya.

2. Jepang

Di jepang, natal bukanlah hari libur nasional meskipun sebagian besta penduduknya beragama kristen. Daripada berkumpul di sekitar meja untuk makan malam, keluarga di Jepang memilih untuk pergi ke Kentucky Fried Chicken (KFC). Tradisi ini dimulai pada tahun 1974. Tradisi ini membuat beberapa orang harus memesan berbulan-bulan sebelumnya atau mengantre selama dua jam untuk mendapatkannya.

3. Finlandia

Secara tradisional, keluarga Finlandia setiap pagi hari Natal akan makan bubur yang terbuat dari nasi. Bubur diberi topping susu, kayu manis, atau mentega. Lalu memasukkan satu kacang almond di piring sebagai hadiah, bagi siapa pun yang mendapat almond di piringnya berarti beruntung. Namun keluarga cenderung memasukkan lebih dari satu buah almond ke dalam piring untuk membuat anak-anak bahagia, karena bagi mereka perayaan Natal adalah tentang kebahagiaan.

4. Jerman

Tradisi Natal di Jerman adalah Sternsinger atau penyanyi bintang yang pergi dari rumah ke rumah, menyanyikan sebuah lagu dan mengumpulkan uang untuk amal. Penyanyi biasanya terdiri dari empat orang anak, tiga orang berdandan seperti orang Majus dan satu orang membawa bintang di tongkat sebagai lambang Bintang Betlehem. Setelah selesai bernyanyi, mereka menulis tanda tangan khusus dengan kapur di atas pintu rumah. Menghapus tanda itu dianggap membawa sial, dan tanda itu harus memudar dengan sendirinya.

5. Irlandia

Natal adalah kehangatan, sehingga di Irlandia terdapat tradisi menaruh lilin merah di depan jendela selama semalaman sebagai simbol kehangatan dan perlindungan untuk musim liburan. Hidangan Natal tradisional di Irlandia sering kali mencakup angsa panggang buatan sendiri, sayuran, cranberry, dan kentang.

6. Belanda

Sinterklas adalah nama Belanda untuk Santo Nikolas, pria yang dikenali oleh anak-anak karena janggut putih panjangnya dengan jubah merah. Anak-anak meletakkan sepatu di dekat cerobong asap atau pintu belakang dan bangun di pagi hari Natal untuk menemukan camilan seperti kue jahe, cokelat atau permen didalamnya.

7. Islandia

Dari tanggal 12 Desember hingga malam Natal, anak-anak akan meletakkan sepasang sepatu mereka di depan jendela. Para Santa akan mulai mengunjungi rumah 13 hari sebelum Natal. Setelah meletakkan sepatu di depan jendela, keesokan harinya anak-anak akan terbangun dan menemukan hadiah jika anak itu baik, melainkan untuk anak yang nakal, akan diberikan kentang busuk dan surat berisi nasihat.

8. Austria

Di Austria terdapat Krampus, makhluk yang berpakaian seperti binatang, Krampus adalah pendamping sinterklas. Anak-anak akan ditanya tentang perbuatan baik dan buruk yang telah mereka lakukan. Anak-anak yang melakukan perbuatan baik akan diberi hadiah berupa kacang-kacangan, apel, dan permen.

9. Denmark

Selama Natal, rumah-rumah di Denmark akan dihiasi dengan karakter mitos atau supernatural. Tradisi ini terjadi sejak dahulu, mereka percaya bahwa makhluk gaib ini memberi mereka perlindungan. Pada malam Natal, warga Denmark akan menari mengelilingi pohon Natal yang ditempatkan di tengah ruangan sambil menyanyikan lagu-lagu Natal. Mereka juga mempunyai kebiasaan umum membagikan hadiah yang diletakkan di bawah pohon Natal.

10. Polandia

Pada malam Natal di Polandia, banyak keluarga berbagi wafer atau biskuit, ketika sedang dibagikan, setiap yang menerima dan memberi akan saling mengucapkan selamat natal, lalu makan malam akan dimulai ketika bintang pertama muncul di langit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro