Susu Almond
Health

10 Buah dan Biji Kering Kaya Kalsium yang Sangat Baik untuk Tulang

Redaksi
Rabu, 27 Desember 2023 - 09:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tulang yang kuat merupakan faktor penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Kesehatan tulang dapat dicapai dengan mengonsumsi kalsium.

Meskipun asupan produk susu dikaitkan dengan kalsium, ada beberapa sumber nabati dan buah-buahan dan biji kering yang dapat meningkatkan jumlah kalsium.

Dilansir dari laman Times of India, Selasa (26/12/2023), berikut adalah 10 buah dan biji kering yang sangat baik untuk memperkuat tulang.

1. Almond

Almond merupakan sumber yang kaya akan kalsium, magnesium, dan vitamin E. Almond mengandung sekitar 76 mg kalsium per 28 gram dan menyediakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang dan juga dikenal dengan kandungan proteinnya.

Selain itu, Almond juga mengurangi serangan jantung dan merupakan sumber tembaga dan mangan yang kaya.

2. Buah Ara

Buah ara memiliki rasa yang manis untuk dikonsumsi dan menyediakan sekitar 55 mg kalsium per 100 gram. Buah ara dapat mengontrol tekanan darah dan sistem pencernaan. 

Buah ara juga membantu menurunkan berat badan, melindungi jantung, dan mencegah sembelit dengan menyembuhkan masalah reproduksi.

3. Kurma

Kurma manis dengan sekitar 64 mg kalsium per 100 gram adalah pilihan camilan yang bagus dan kaya akan mineral, vitamin, dan antioksidan. Kurma dapat membantu pencernaan, kesehatan jantung, dan melindungi tubuh dari penyakit. Selain itu, dapat membantu dalam proses pelonggaran tenaga kerja alami. 

4. Prune

Prune dikenal karena manfaat pencernaannya dan mengandung sekitar 43 mg kalsium per 100 gram. Prune lezat untuk dicicipi dan merupakan sumber kalium yang baik dengan elektrolit yang membantu tubuh manusia dalam beberapa cara. Oleh karena itu, dapat membantu dalam irama jantung, impuls saraf, pencernaan, dan tekanan darah.

5. Biji Chia

Dikenal karena manfaat makanannya dan menyediakan sekitar 631 mg kalsium per 100 gram dan merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3 dengan serat. Membuat biji chia sangat baik untuk penguatan tulang dan harus diminum di pagi hari dengan air untuk penyerapan dan hasil yang lebih baik.

6. Biji Wijen

Biji wijen sarat mengandung kalsium sekitar 989 mg per 100 gram. Anda bisa memakannya secara utuh atau menambahkannya di salad, yogurt, atau hidangan lain untuk meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh. 

7. Hazelnut

Hazelnut mengandung sekitar 114 mg kalsium, dan dianggap sebagai sumber yang kaya akan vitamin E, vitamin B1, dan vitamin B6. Selain itu, kaya akan tembaga, mangan, folat, antioksidan, dan fosfor yang membantu menurunkan kolesterol darah dalam tubuh.

8. Kacang Mete

Kacang mete merupakan sumber protein, serat, dan lemak sehat yang kaya dan juga mengandung vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Kacang mete dapat membantu menurunkan berat badan, mengontrol kadar gula darah, dan baik untuk kesehatan jantung. Kacang mete mengandung sekitar 57,20 mg kalsium di dalamnya.

9. Pistachio

Pistacio mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor. Mineral-mineral ini berkontribusi pada tulang yang kuat dan mendukung struktur tulang secara keseluruhan.

10. Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Kacang ini juga mengandung manganese, yang mendukung pembentukan dan mineralisasi tulang. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro