Penjelasan arti skena yang viral di sosial media. Bisnis.com/Tiktok @sastra.silalahii
Entertainment

Arti Kata Skena yang Viral di TikTok dan Ciri-ciri Anak Skena

Rendi Mahendra
Jumat, 29 Desember 2023 - 15:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Istilah-istilah baru terus bermunculan di media sosial. Salah satu yang kini tengah menjadi tren dan sering menghiasi pembicaraan di media sosial adalah "skena."

Skena menduduki peringkat sebagai salah satu kata atau bahasa gaul yang paling banyak dicari di mesin pencarian Google sepanjang tahun 2023. Namun, apakah sebenarnya makna dari kata "skena"?

Apa itu Skena dalam Bahasa Gaul

Kata "skena" merupakan salah satu contoh dari istilah bahasa gaul yang diadaptasi dari bahasa Inggris, tepatnya kata "scene."

Mencari definisi kata "skena" dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tidak akan menghasilkan hasil, karena kata ini tidak termasuk dalam daftar kata baku. Oleh karena itu, mari kita simak penjelasan lebih lanjut mengenai arti kata "skena" yang sebenarnya.

Skena, yang berasal dari bahasa Inggris "scene," mulai muncul pada era 1940-an. Istilah ini umumnya terkait dengan komunitas seni yang tidak biasa.

Jika kita menggabungkan bagian-bagian tersebut, akan terbentuklah kata "skena" yang sekaligus merupakan akronim dari ketiga kata tersebut. Apa sebenarnya makna dari akronim skena ini?

  • Sua

"Sua" bermakna bertemu, berkenalan, dan berjumpa.

  • Cengkerama

"Cengkrama" mengandung arti berbicara untuk menyenangkan hati, bergurau, bercanda, dan juga menggambarkan perjalanan yang dilakukan untuk bersenang-senang.

  • Kelana

"Kelana" adalah merencanakan perjalanan tanpa tujuan yang pasti, atau yang sering disebut sebagai mengembara.

Dari penjelasan di atas, kita bisa menafsirkan bahwa skena adalah sebuah komunitas atau kelompok orang yang memiliki minat atau kesukaan yang sama. Mereka senang berinteraksi, berdiskusi, dan bertukar pikiran dengan suasana yang santai. Kelompok ini sering kali diasosiasikan dengan komunitas musik.

Sebagai contoh, bila seseorang memiliki minat dalam genre musik rock, mereka mungkin disebut sebagai bagian dari skena rock. Namun, perlu diingat bahwa istilah skena memiliki makna yang berbeda dalam konteks TikTok.

Skena dalam TikTok

Anak Skena - Tiktok @sastra.silalahii
Anak Skena - Tiktok @sastra.silalahii

Dalam dunia TikTok, istilah skena mengacu pada orang yang memiliki gaya berpakaian khas dan cenderung menyukai musik genre underground. Gaya berpakaian orang yang tergolong sebagai bagian dari skena sering kali ditandai dengan menggunakan kaos 'oversize' dengan berbagai tulisan kata-kata bijak atau logo yang populer.

Tidak hanya itu, pengguna yang tergolong sebagai skena juga sering kali terlihat menggunakan sepatu boot, membawa Macbook yang ditempeli berbagai stiker, dan menyukai musik dari aliran underground. Musik underground sendiri adalah jenis musik yang memiliki beberapa subgenre di dalamnya dan biasanya beroperasi secara independen.

Sebagai sebuah istilah, skena tidaklah memiliki konotasi negatif. Di sisi lain, kebanyakan anggota skena juga terkait dengan genre musik indie.

Ciri-ciri Anak Skena

Bagi seseorang yang merasa tergolong sebagai bagian dari skena, ada beberapa ciri khas yang biasanya dapat diidentifikasi, di antaranya:

  • Menggunakan kaos band atau kaos dengan tulisan kata-kata bijak.
  • Memakai celana cargo atau baggy.
  • Menggunakan kacamata.
  • Memiliki piercing.
  • Menggunakan sepatu boot atau sneakers yang sedang tren.
  • Mengenakan gaya berpakaian ala-ala street style.

Dengan demikian, secara umum, skena dapat diidentifikasi sebagai sebuah komunitas atau kelompok yang memiliki minat yang sama. Namun, dalam konteks TikTok, skena mengacu pada orang-orang dengan gaya berpakaian khas dan minat tertentu terhadap musik.

Terlepas dari apa yang menjadi minat dan identitas seseorang dalam skena, penting untuk diingat bahwa keanekaragaman dan keragaman minatlah yang membuat setiap komunitas atau kelompok menjadi begitu unik dan menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro