resep makanan dan minumam favorit dalam pencarian Google
Kuliner

Resep Makanan Minuman 2023 Paling Viral di Indonesia ala Google Trend, Sudah Coba?

Gajah Kusumo
Sabtu, 30 Desember 2023 - 20:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Google memberikan peringkat teratas daftar pencarian sejumlah resep makanan dan minuman di Indonesia sepanjang 2023.

Resep adalah salah satu tema atau topik yang banyak dicari oleh warga Indonesia pada mesin pencari Google sepanjang 2023.  Ada delapan tema yang mendominasi pencarian Google sepanjang 2023.

Selain Resep, Google Trend mencatat tujuh tema atau topik lainnya yang banyak dicari warga Indonesia, yaitu Apa, Berita, Film/Serial TV, Lirik Lagu, Mengapa, Olahraga, dan Siapa.

Google Trends adalah alat milik Google yang dapat digunakan untuk riset kata kunci dan melihat tren penelusuran pada kurun waktu tertentu.

Melalui Google Trends, pengguna internet dapat mengetahui topik maupun kata kunci apa yang paling banyak dicari oleh pengguna.

Adapun, 10 resep makanan dan minuman yang menduduki peringkat teratas dalam daftar pencarian pengguna internet di Indonesia sepanjang 2023.

Berikut Daftar 10 Resep Makanan Minuman Paling Dicari Se-Indonesia:

  1. Resep Seblak Rafael
  2. Resep Es Lumut
  3. Resep Mochi Bites
  4. Resep Es Kulkul
  5. Resep Odeng
  6. Resep Es Kuwut Simple
  7. Resep Bola Susu
  8. Resep Mille Crepes
  9. Mango Sago Resep
  10. Resep Puding Lumut Gula Merah

Seblak Jawara Makanan Indonesia 2023?

Terkait dengan Resep Seblak Rafael yang menduduki peringkat teratas pencarian warga Indonesia, ada lima kata kunci terkait yang juga menempati urutan teratas terkait topik kuliner Resep Seblak Rafael, yaitu Kerupuk Rafael, Kerupuk Seblak Rafael, Resep Seblak Kerupuk, Resep Seblak Kuah, dan Bumbu Seblak.

Gegap gempita topik atau tema Resep Seblak Rafael diawali oleh Rafael Tan, salah satu personel boyband Tanah Air Smash. Bahkan, kini Rafael dijuluki sebagai Duta Seblak oleh para netizen Indonesia.

Berdasarkan Google Trends, topik Resep Seblak Rafael menempati peringkat teratas dengan posisi tertinggi pada periode 25 Juni hingga 1 Juli 2023.

Ketika itu, konten tidak sengaja makan seblak Rafael Tan viral hingga ditonton jutaan orang di media sosial. Rafael pun akhirnya melihat peluang tersebut dengan membuka bisnis seblak bernama Seblak Mamang Rafael.

Adapun, akun media sosial Instagram Rafael @rafaell_16 kini memiliki 2,2 juta pengikut.

Saking populernya Seblak, makanan yang awalnya populer di Jawa Barat, Presiden Joko Widodo pun bahkan sempat mencicipi.

Dalam podcast Deddy Corbuzier pada September 2021, Kaesang Pangarep, putra bungsu Jokowi yang kini menjadi ketua PSI, menyebut sempat membawakan ayahnya seblak.

Seblak pun kini sudah dipasarkan ke luar negeri dalam bentuk seblak kering lewat brand Boboko Snack, hasil dari rebranding Jank Daniel’s milik Irpan Salim lewat CV Arya Seta Perkasa.

Selain itu, pada Februari 2023, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan sempat melepas ekspor perdana 22 produk makanan olahan UMKM mulai dari seblak hingga rengginang senilai Rp6,8 miliar ke pasar Arab Saudi. Produk makanan tersebut akan dikirim secara bertahap dengan total nilai mencapai US$453.000 atau setara dengan Rp6,8 miliar.

Sejarah dan Asal-usul Seblak

Seblak adalah jajanan jalanan khas Sunda dengan cita rasa gurih pedas, yang terdiri dari bahan utama kerupuk, bawang putih, bawang merah, garam, sayuran, dan tentu saja cabai.

Varian seblak, seiring dengan pamornya yang menggelora, makin banyak, seperti sebut saja seblak sosis, seblak ceker, seblak macaroni, seblak cilok, atau seblak keju. Rasanya apa saja, asal pedas, bisa disebut sebagai seblak.

Pedas menjadi kata kunci utama seblak karena seblak memiliki arti segak dan nyegak, yang dalam Bahasa Sunda artinya menyengat.

Seblak yang kurang lebih popular dekade 2000-an di daerah Garut dan Cianjur Selatan, awalnya dikenal dengan nama Kurupuk Leor dan disebut-sebut sudah lahir sejak zaman perjuangan kemerdekaan saat terjadinya krisis pangan di Parahyangan Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Gajah Kusumo
Editor : Gajah Kusumo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro