Ilustrasi brokoli salah satu makanan cegah kanker payudara
Health

5 Makanan Ramah Hormon untuk Cegah Kanker Payudara

Mutiara Nabila
Minggu, 31 Desember 2023 - 08:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan wanita bergantung pada pilihan makanan yang menjamin keseimbangan hormonal. Pilihan makanan yang tepat bisa mencegah dari berbagai penyakit, termasuk kanker payudara. 

Kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia dengan jumlah 9.6 juta kematian per-tahun. Di Indonesia menurut catatan Globocan pada 2020, kasus baru kanker sebanyak 396.314 kasus dengan kematian sebesar 234.511 orang.

Perempuan sendiri merupakan kelompok dengan risiko tinggi terkena kanker, tercatat kanker payudara sebanyak 65.858 kasus. 

Pilihan makanan kita sehari-hari memiliki kekuatan yang luar biasa, baik dalam memberi nutrisi pada tubuh kita maupun menjaga kelestarian bumi. 

Namun, beberapa bahan kimia yang ditemukan dalam makanan biasa mungkin terkait dengan penyakit, termasuk kanker.  

Pakar kesehatan menunjukkan bahwa banyak petani yang menggunakan pestisida pada tanaman untuk mengusir serangga dan untuk mendapatkan hasil panen yang lebih baik. Namun meskipun hal ini tampaknya bermanfaat bagi tanaman dan petani, pestisida kimia yang umum ini mungkin mengganggu hormon kita, sehingga berpotensi berkontribusi pada peningkatan payudara, ovarium, dan pertumbuhan kanker payudara dan kanker rahim pada wanita.

Melansir Times, berikut makanan pencegah kanker payudara

1. Millet dan biji-bijian organik. Makanan ini adalah makanan super kaya nutrisi yang kaya akan karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral yang dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

2. Garam organik yang tidak dimurnikan. Garam ini mengandung sedikit residu jika dibandingkan dengan garam biasa. Garam organik tidak hanya meningkatkan rasa tetapi juga memastikan bumbu untuk memasak jadi lebih sehat, menyediakan mineral penting yang hilang dalam garam biasa karena pemrosesan yang berat.

3. Kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak perasan dingin. Makanan-makanan ini mengandung lemak sehat dan kaya antioksidan, serta menyehatkan jantung yang membantu potensi perlindungan kanker.

Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat menjadi camilan malam yang sehat dan kaya nutrisi atau dapat dimasukkan ke dalam makanan Anda dengan menambahkan oatmeal pagi hari, mencampurkannya ke dalam smoothie, dan menikmati variasi yang lezat, sementara memasak dengan minyak yang diperas dingin dapat mencegah peradangan.

4. Sayuran hijau seperti brokoli dan kangkung. Sayuran hijau ini selain rendah kalori juga mengandung senyawa pelawan kanker.  

Jika Anda bukan penggemar sayuran hijau, berkreasilah dengan memasak dengan cara mengukus, memanggang, atau bahkan membuatnya menjadi semangkuk sup hangat

5. Buah-buahan organik, terutama buah beri. Buah-buahan organik kaya akan antioksidan dan berbagai mineral serta vitamin yang membantu meningkatkan fungsi tubuh yang sehat. Makanlah buah apa adanya atau buatlah sebagai camilan tanpa harus merasa bersalah untuk jadi pilihan camilan sore hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro