Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), capres nomor urut dua Prabowo Subianto (kiri), dan capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo beradu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Fashion

Deretan Brand Lokal yang Digunakan Capres-Cawapres selama Debat

Restu Wahyuning Asih
Senin, 8 Januari 2024 - 12:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penampilan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada debat jelang Pilpres 2024 ikut menjadi sorotan.

Tak hanya gagasannya, masyarakat juga turut memperhatikan pakaian dan atribut yang melekat pada masing-masing pasangan.

Pasangan Anies-Cak Imin selalu tampil rapi dengan jas dan peci. Prabowo-Gibran juga tampil sederhana dengan kemeja biru dan celana panjang hitam.

Sedangkan pasangan Ganjar-Mahfud terus menjadi sorotan lantaran kerap memperlihatkan pakaian yang unik dan berbeda dari yang lainnya.

Pada debat pertama, Ganjar-Mahfud memakai kemeja putih bertuliskan "Sat-Set, Das-Des". Kemudian pada debat kedua, Ganjar memakai pakaian adat khas NTT dan Mahfud MD menggunakan pakaian adat Madura.

Pada debat ketiga, Ganjar-Mahfud menggunakan jaket bomber ala film Top Gun yang ternyata adalah kustom dari merek lokal.

Berikut ini adalah sederet brand lokal yang dilirik oleh capres-cawapres untuk digunakan pada debat menjelang Pilpres 2024.

Daftar Brand Lokal yang Dipakai Capres-Cawapres Sepanjang Debat:

Aerostreet

Sepatu Aerostreet digunakan oleh Gibran Rakabuming Raka saat debat kedua pada (22/12/2023). Sepatu tersebut memiliki warna putih yang masuk edisi Hoops High Series seharga Rp169.000.

Pijak Bumi

Pasangan Ganjar-Mahfud juga terlihat memakai sepatu dari brand lokal asal Bandung bernama Pijak Bumi.

Sepatu tersebut memiliki nama Saki Skeleton yang punya harga Rp519 ribu. Menurut informasinya, sepatu tersebut dibuat dari bahan daur ulang yang berasal dari limbah pabrik tekstil.

Loosewood

Gibran juga pernah disorot karena menggunakan jam tangan kayu bermotif elegen buatan Loosewood.

Jam tangan itu disebut-sebut dibuat dari olahan limbah kayu skateboard. Masuk dalam edisi Pattern Natural 42, Loosewood milik Gibran miliki harga Rp650 ribu.

Elhaus

Cawapres Prabowo, Gibran, nampaknya ingin konsisten memajukan UMKM di Indonesia. Ia juga pernah terlihat menggunakan jaket parka yang diproduksi oleh merek lokal.

Pada debat ketiga Minggu (7/1/2024) Gibran terlihat menggunakan jaket parka berwarna biru navy. Jaket tersebut ternyata milik produsen lokal asal Depok, Jawa Barat.

Jaket navy tersebut dijual oleh Elhaus yang memiliki harga Rp680 ribu.

Timechine Co

Pada debat ketiga, pasangan Ganjar-Mahfud menggunakan jaket bomber ala film Top Gun. Tak disangka, jaket tersebut ternyata buatan lokal.

Jaket bomber tersebut diproduksi oleh Timechine Co yang berasal dari Bandung.

Dipakai Ganjar-Mahfud, jaket tersebut memiliki warna hijau yang lengkap dengan sejumlah patch tentang visi-misi kedua pasangan.

Harga jaket ini berada di kisaran Rp700 ribuan. Sayangnya saat ini jaket tersebut belum diproduksi karena dibuat secara custom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro