Ilustrasi mie instan/pexels
Health

Bahaya, Ini Efek Samping Makan Mie Instan Setiap Hari

Mutiara Nabila
Senin, 15 Januari 2024 - 12:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Mie instan kerap menjadi pilihan makanan, terutama di akhir bulan ketika dompet mulai cekak. Rasanya yang enak dan gurih, praktis dibuat, dan murah meriah membuat mie instan digemari banyak orang. 

Namun, bukan berarti kita bisa mengonsumsinya setiap hari. Pasalnya, mie instan mengandung bahan-bahan seperti kandungan sodium tinggi, pengawet, dan tidak mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. 

Dokter Fakultas Kedokteran UGM, Muhammad Fajri Adda'i melalui instagramnya mengungkapkan kurangnya kandungan nutrisi dalam mie instan bisa menimbulkan berbagai penyakit bagi tubuh jika dikonsumsi setiap hari. 

"Kalau makan mie instan setiap hari apalagi di masa pertumbuhan bahayanya malnutrisi, atau kebutuhan nutrisi hariannya yang penting tidak tercukupi. Karena mie instan biasanya hanya tinggi karbohidrat, sementara tubuh terutama anak di masa pertumbuhan butuh berbagai nutrisi lain seperti protein, lemak, kemudian mineral-mineral tertentu dari sayur dan buah itu tidak tercukupi," ujarnya, dikutip Senin (15/1/2024).  

Dia mengungkapkan, manusia normal umumnya  memerlukan asupan karbohidrat 40-60 persen, protein 20-30 persen, dan lemak juga 20-30 persen. Jika hanya makan mie instan, nutrisi yang dibutuhkan itu tidak ada seperti vitamin, serat, dan kalsium, yang kalau pun ada jumlahnya sangat kecil. 

Berikut ini dampak jika mengonsumsi mie instan setiap hari:

1. Malnutrisi

Zat gizi pada mie sebagian besar karbohidrat, jadi kurang protein, lemak, serat, vitamin dan mineral lain. Malnutrisi pada anak-anak sendiri sudah menjad masalah global yang semakin meningkat. Nutrisi, atau kekurangan nutrisi, dapat menimbulkan efek samping yang berdampak pada kesejahteraan dan perkembangan fisik dan mental.  

Penting bagi orang tua untuk lebih memperhatikan apa yang dimakan anak-anak mereka untuk memastikan pola makan yang sehat dan seimbang serta nutrisi yang tepat selama masa pertumbuhan yang tidak terpisahkan.

2. Menyebabkan obesitas

Menurut penelitian terbaru, efek samping makan mie instan berkontribusi signifikan terhadap peningkatan obesitas karena tingginya kandungan natrium dan karbohidrat.  

Satu porsi mie instan dan telur sama dengan sekitar 500 kkal. Tak sedikit orang makan mie instan minimal 2 porsi. Padahal makan biasanya nasi, sayur, dengan ayam atau daging, total kalori nya hanya 400-500 kkal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro