Tips menjaga kesehatan mental pada 2024/Freepik.com
Health

Tips Sehat, Cara Menjaga Kesehatan Mental pada 2024

Novita Sari Simamora
Senin, 29 Januari 2024 - 15:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki bulan Februari 2024, Anda jangan lupa untuk menjaga kesehatan mental diri sendiri agar tetap sehat menjalani tahun ini.

Tahun baru tentunya membawa semangat baru. Namun, jangan lupa bahwa hal-hal yang tidak terduga bisa saja terjadi dan segera siapkanlah diri Anda untuk menyelesaikan masalah secepat mungkin agar memiliki kesehatan mental yang baik.

Dilansir dari Viu, Senin (29/1/2024), ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental pekerja, pelajar, dan para akademisi. Di tengah padatnya kegiatan, jangan lupa untuk mendengar pribadimu sendiri dan intuisimu.

Simak cara menjaga kesehatan mental pada 2024:

1. Tahun baru, semangat baru

Tahun baru selalu membawa suasana peluang yang segar. Rangkullah kegembiraan dari awal yang bersih dan ingatlah bahwa Anda tidak sendirian dalam perjalanan ini. Ada banyak orang lain yang menjalani jalur serupa dan menghadapi tantangan serupa.

2. Kenali potensi diri sendiri

Saat Anda kembali ke hiruk pikuk kehidupan, penting untuk menyadari sumber daya kesehatan mental yang tersedia di kampus untuk mendukung Anda. Mulailah menciptakan ruang yang nyaman untuk berbicara secara terbuka tentang kesehatan mental dan membantu Anda membangun koneksi.

Bila Anda memiliki masalah yang belum beres dengan diri sendiri, maka jangan lupa untuk menggunakan layanan konseling. Maksimalkan layanan konseling yang dapat membantu Anda, atau seseorang yang Anda kenal, dalam perjalanan penemuan jati diri.

3. Luangkan waktu untuk perawatan diri

Tips kesehatan mental lain adalah merawat diri sendiri memungkinkan Anda memberikan yang terbaik untuk studi, hubungan, dan pertumbuhan pribadi Anda. Kita mudah merasa lelah, jadi luangkan waktu untuk aktivitas yang kita sukai, misalnya membaca, menulis jurnal, memainkan alat musik, atau bahkan melakukan hobi baru.

Usahakan untuk menghindari melakukan aktivitas yang berhubungan dengan layar, seperti menonton TV atau bermain video game. Beristirahatlah dari perangkat digital untuk mengurangi ketegangan mata dan rangsangan layar yang terus-menerus.

Perhatikan juga kesehatan fisik Anda dengan menjaga pola makan seimbang, tetap terhidrasi, dan jangan lupa olahraga teratur.

4. Temukan teman yang sefrekuensi

Cobalah untuk terhubung dengan teman yang memiliki perjalanan akademis yang sama, orang yang memiliki hobi yang sama, dan orang yang bersifat positif.

Teman yang baik adalah teman yang bisa diajak bicara memberikan prestasi dan masalah Anda. Tentunya, Anda harus menciptakan ikatan yang lebih kuat dari sekadar persahabatan biasa.

Ingatlah bahwa kesejahteraan mental Anda sama pentingnya dengan kesuksesan akademis Anda. Terima tantangannya, tetap terhubung, dan jadikan istilah ini sebagai bukti ketahanan Anda. Mari jadikan tahun ini sebagai tahun penemuan jati diri dan pertumbuhan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro