Ilustrasi gagal jantung/Freepik.com
Health

Tips Ampuh Jaga Kesehatan Jantung dan Bebas Stroke

Novita Sari Simamora
Senin, 29 Januari 2024 - 20:36
Bagikan

1. Makan makanan yang sehat

Makanan sehat yang dimaksud adalah buah-buahan, sayuran, biji-bijian, unggas, ikan, dan makanan olahan susu rendah lemak.

Penting untuk mengonsumsi banyak potasium, yang dapat membantu mencegah dan mengendalikan tekanan darah tinggi. Makan lebih sedikit lemak jenuh untuk mencegah perkembangan penyakit kardiovaskular aterosklerotik.

2. Kurangi garam dalam makanan

Tingkat natrium yang lebih rendah – 1.500 mg sehari – sesuai untuk orang berusia 51 tahun atau lebih, dan individu dari segala usia yang berkulit hitam atau menderita hipertensi, diabetes, atau penyakit ginjal kronis. Jika tidak, orang sehat dapat mengonsumsi 2.300 mg sehari atau kurang.

3. Pertahankan berat badan yang sehat

Menjaga berat badan yang sehat atau menurunkan berat badan yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko masalah kesehatan terkait serta menjaga kesehatan jantung.

4. Tingkatkan aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengelola stres, sehingga mengurangi risiko beberapa masalah kesehatan dan menjaga berat badan tetap terkendali. Bagi kebanyakan orang dewasa yang sehat, disarankan agar Anda melakukan aktivitas aerobik sedang setidaknya 150 menit seminggu atau aktivitas aerobik berat selama 75 menit seminggu, atau kombinasi atau aktivitas sedang dan berat.

5. Hentikan konsumsi alkohol.

6. Jangan merokok

Tembakau melukai dinding pembuluh darah dan mempercepat proses pengerasan pembuluh darah.

7. Kelola stres

Kurangi stres sebanyak mungkin. Latih teknik penanggulangan yang sehat seperti relaksasi otot, pernapasan dalam, atau meditasi. Melakukan aktivitas fisik secara teratur dan banyak tidur juga dapat membantu.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro