Google Doodle Hari Ini Tampilkan Aminah Cendrakasih, Pemeran Mak Nyak si Doel. Aminah Cendrakasih dalam keadaan sakit masih semangat membintagi Si Doel The Movie/Instagram @si.rano
Entertainment

Google Doodle Hari Ini Tampilkan Aminah Cendrakasih, Pemeran Mak Nyak si Doel

Anshary Madya Sukma
Senin, 29 Januari 2024 - 07:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google Doodle hari ini Senin (29/1/2024) memiliki tampilan berbeda. Sebab, yang biasanya memiliki tampilan huruf 'Google' warna-warni kini menampilkan sosok Aminah Cendrakasih.

Dalam tampilan pencarian Google itu, gambar Aminah tampak ditempelkan dengan latar belakang televisi analog jadul yang memiliki latar belakang berwarna kuning membentuk oval.

Selain itu, huruf Google dalam tampilan tersebut nampak menjadi tulisan bersambung dengan warna biru yang dihiasi bunga yang lengkap dengan dedaunan.

Dilansir doodle.google, tampilan mesin pencarian dengan Aminah bukan tanpa sebab. Pasalnya, Google mengangkat tema ini untuk merayakan ulang tahun Aminah ke-86.

"Doodle hari ini merayakan aktris Indonesia Aminah Cendrakasih, salah satu entertainer Asia Tenggara paling produktif dan populer pada masanya," tulis Google.

Secara singkat, Google menyampaikan Aminah memulai debutnya pada 1955 dalam film Oh, Ibuku. Penampilan Aminah kemudian meroket dalam film Serampang 12.

Kemudian, Aminah menjadi lebih terkenal setelah membintangi beberapa film termasuk Si Doel Anak Sekolahan. Dalam film tersebut, Aminah memiliki peran ikonik, yakni Mak Nyak.

Penampilan gemilangnya dalam mewarnai dunia akting Indonesia membuatnya mendapatkan beberapa penghargaan seperti dua Lifetime Achievement Awards dari Festival Film Bandung dan Penghargaan Film Indonesia.

"Selamat ulang tahun, Aminah Cendrakasih! Film dan acara Anda terus menyenangkan pemirsa di seluruh dunia," dikutip dari laman doodles.google.

Diketahui, Aminah Cendrakasih lahir pada 29 Januari 1938 di Magelang, Jawa Tengah dan meninggal dunia pada 21 Desember 2022 di Tangerang Selatan, Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro