Ilustrasi pria mengukur perut buncit/Freepik.com
Health

Tips Sehat agar Langsing dan Hilangkan Lemak Perut dan Pinggul

Novita Sari Simamora
Rabu, 31 Januari 2024 - 21:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lemak yang menumpuk di perut dan pinggul bisa menjadi masalah bila dibiarkan. Lemak muncul karena termasuk pola makan yang tidak sehat, kurang bergerak, sehingga menimbulkan ketidakseimbangan hormon.

Yang penting itu bukan pertanda sehat. Meskipun Anda fokus pada pembakaran kalori dan mengurangi berat badan secara keseluruhan, perhatikan juga cara mengurangi lemak pinggul!

Dilansir dari Health Shots, Rabu (31/1/2024), kenali cara-cara untuk menghilangkan lemak pinggul dan lemak perut. Namun, perempuan dan pria yang ingin diet dan menghilangkan lemak, harus menjaga pola makan.

Simak cara menghilangkan lemak perut, pinggul dan langsing:

1. Latihan kardiovaskular

Latihan kardio sangat penting untuk membakar kalori dan mendorong hilangnya lemak secara keseluruhan, termasuk area pinggul. Lakukan aktivitas seperti berlari, bersepeda, berenang, atau jalan cepat dalam rutinitas Anda. Sedikan setidaknya 150 menit per minggu untuk melakukan latihan kardio intensitas sedang.

2. Latihan kekuatan

Kekuatan otot dapat meningkatkan metabolisme Anda, membantu tubuh Anda membakar lebih banyak kalori bahkan saat Anda sedang istirahat.

Gabungkan latihan kekuatan yang menargetkan tubuh bagian bawah, seperti squat, lunge, dan leg lift. Latihan kekuatan ini bertujuan untuk membangun bentuk yang tepat dan secara bertahap tingkatkan resistensi Anda untuk menantang otot Anda.

3. Makan makanan yang sehat

Nutrisi berperan penting untuk menghilangkan lemak. Terapkan pola makan seimbang yang mencakup makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian. Kelola asupan kalori Anda secara keseluruhan dengan memperhatikan ukuran porsi Anda.

Selain itu, praktikkan seni makan secara sadar dengan tetap memperhatikan isyarat rasa lapar dan kenyang. Menahan diri dari makan emosional, dan makan makanan secara perlahan sambil menikmati setiap gigitan agar Anda tidak makan berlebihan.

4. Hidrasi

Minum cukup air sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat mendukung upaya penurunan berat badan Anda. Air membantu mengendalikan nafsu makan, melancarkan pencernaan, dan dapat mencegah konsumsi kalori berlebihan. Usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas (64 ons) air setiap hari agar Anda tetap terhidrasi dengan baik.

5. Batasi makanan olahan dan gula

Makanan olahan dan tambahan gula berkontribusi terhadap asupan kalori berlebih. Fokus pada makanan utuh dan padat nutrisi dan batasi asupan camilan manis, soda, dan makanan olahan. Pilihlah alternatif yang lebih sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan yoghurt.

6. Manajemen stres

Stres kronis dapat menyebabkan penambahan berat badan, terutama di sekitar area perut dan pinggul. Praktikkan aktivitas pengurang stres dalam kehidupan sehari-hari Anda seperti yoga, meditasi, atau latihan pernapasan dalam ke dalam rutinitas Anda, dan Anda akan melihat perubahan keseluruhan pada tubuh Anda seiring berjalannya waktu.

7. Tetap konsisten dan sabar

Perubahan yang berkelanjutan membutuhkan waktu. Bersabarlah dan tetap konsisten dengan olahraga dan kebiasaan makan Anda. Rayakan kemenangan kecil sepanjang perjalanan dan fokuslah pada kesejahteraan secara keseluruhan, bukan sekadar tujuan estetika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro