Tips diet untuk menurunkan berat badan/Freepik.com
Health

Tips Sehat, Cara Profesional Turunkan Berat Badan dan Diet

Novita Sari Simamora
Senin, 5 Februari 2024 - 10:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada tahun baru ini, banyak orang yang berencana menurunkan berat badan dan diet sehat tanpa menyiksa diri sebagai gol baru 2024.

Meskipun Januari 2024 telah  berlalu, teruslah motivasi dirimu untuk tetap mengejar dan mencapai target yang telah kamu pasang. Jangan pernah menyerah dan kehilangan motivasi. 

Dilansir dari lhindependent, Senin (5/2/2024), jangan pernah kalah sama keterbatasan hidup dan kesibukan pekerjaan. Sediakan waktu untuk melakukan latihan fisik agar tubuh semakin sehat dan mencapai goal diet sehat 2024. 

Simak tips sehat profesional agar memiliki kesehatan dan kebugaran:

1) Carilah ahli gizi atau pakar nutrisi

Bila Anda menggunakan jasa seseorang untuk membantu Anda memilah-milah informasi nutrisi dan penurunan berat badan, maka ini akan sangat efektif. Jangan sampai waktu dan tenagamu terbuang sia-sia.

Pakar nutris juga bisa meninjau dan melihat kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tetaplah berkomunikasi dengan pakar nutrisi agar Anda terus termotivasi. 

2) Sewa pelatih atau pelatih di gym atau personal trainer (PT)

Sebagian orang akan menilai menggunakan jasa PT tampak mahal. Mungkin awalnya, perasaan itu akan muncul, tetapi percayalah bahwa saat Anda menginvestasikan uang dan waktu, serta disiplin membuat rutinitas latihan maka tujuanmu akan tercapai. 

Pelatih di gym akan memastikan Anda melakukan latihan dengan benar, ini akan mengurangi risiko cedera dan maksimalkan upaya Anda. Alternatif lain bila tidak ingin menyewa pelatih gym, yakni ikuti kelas kelompok kecil zumba, studio yoga, kelas Pilates, dll.

tips sehat, tips diet, cara menurunkan berat badan
tips sehat, tips diet, cara menurunkan berat badan

3) Pertimbangkan untuk pergi ke laboratorium

Jika Anda kesulitan menurunkan berat badan, merasa lesu, memiliki kulit kering, rambut rontok, tidak tahan terhadap dingin, atau mengalami tanda-tanda menopause atau andropause (hot flashes, libido rendah, insomnia, dll.), Anda mungkin mengalami ketidakseimbangan endokrin.

Bila Anda mengalami gangguan hormon, maka segeralah memperbaiki kinerja hormon. Cobalah untuk melakukan tes laboratorium agar mendapatkan dan mengevaluasi kadar tiroid dan hormon Anda.

Meskipun bukan hal yang ajaib, untuk mengembalikan tiroid dan hormon Anda ke tingkat optimal, maka Anda akan tahu cara untuk menurunkan berat badan yang lebih efisien. Tes hormon ini akan membuat Anda merasa lebih baik secara keseluruhan, mengalami suasana hati yang lebih baik, tingkat energi positif, dan membangun serta mempertahankan massa otot dengan lebih mudah.

4) Pertimbangkan penurunan berat badan secara medis

Ozempic (semaglutide) menggemparkan komunitas penurunan berat badan tahun lalu. Mengapa? Karena ini sangat efektif. Singkatnya, obat ini dan obat GLP-1 (glukagon-like peptida-1) lainnya bekerja dengan membantu pankreas melepaskan jumlah insulin yang tepat ketika kadar gula darah tinggi dan dengan memperlambat sistem pencernaan.

Hasilnya adalah berkurangnya nafsu makan, berkurangnya rasa lapar, dan porsi makan lebih sedikit. Sebenarnya, obat-obatan ini tidak cocok untuk semua orang, tetapi jika digunakan dengan benar dan diresepkan oleh profesional medis yang berkualifikasi, maka akan sangat membantu orang yang berjuang untuk menurunkan berat badan.

5) Sadarilah bahwa penurunan berat badan dan kebugaran adalah maraton, bukan lari cepat

Siapa pun yang telah menurunkan berat badan dan mempertahankannya akan memberi tahu Anda, bahwa tidak ada diet yang 'sempurna'. Orang yang berjuang menurunkan berat badan akan mengalami stagnasi. Kemunduran bisa saja terjadi. Jangan berhenti mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro