Awas! Sering Ngupil Berisiko Sebabkan Alzheimer dan Demensia/Istimewa
Health

Awas! Sering Ngupil Berisiko Sebabkan Alzheimer dan Demensia

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 7 Februari 2024 - 12:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para peneliti memperingatkan kebiasaan buruk yang ternyata berpotensi menyebabkan demensia dan Alzheimer

Sering mengupil, yang disebut rhinotillexomania, dapat mempermudah perpindahan kuman dari tangan ke hidung, sehingga menyebabkan kondisi kesehatan yang serius seperti penyakit Alzheimer.

Ilmuwan Australia menemukan bahwa patogen berbahaya, termasuk jamur, bakteri, dan virus, dapat masuk ke otak melalui hidung ketika seseorang mengupil. Hal ini kemudian dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan risiko demensia.

Begitu peradangan dimulai, beta-amiloid yakni fitur utama dalam otak penderita Alzheimer dapat diproduksi di otak sebagai mekanisme pertahanan. Protein ini dapat menumpuk dan mempengaruhi sel-sel otak yang sehat.

"Peradangan saraf pada AD [penyakit Alzheimer] mungkin sebagian disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur patogen yang memasuki otak melalui hidung dan sistem penciuman." menurut peneliti dikutip dari Express.

Para ilmuwan mengatakan menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci dan menggunakan gel tangan adalah suatu keharusan, terutama jika Anda mengupil.

Para peneliti dari Western Sydney University mengatakan di antara semua cara masuk, peningkatan kebersihan tangan mungkin merupakan langkah pencegahan yang mudah.

“Kami menyarankan prosedur higienis rutin ini menjadi prosedur rutin wajib bagi penderita penyakit mengupil yang tidak dapat disembuhkan.” tambah penelitian tersebut.

Lebih dari 944.000 orang di Inggris hidup dengan penyakit Alzheimer, dan penyakit ini lebih umum terjadi pada mereka yang berusia di atas 65 tahun. Angka tersebut dapat meningkat menjadi lebih dari satu juta pada tahun 2023.

Meski belum ada obatnya, ada cara untuk memperlambatnya.

Wajar jika ingatan Anda terpengaruh oleh stres, kelelahan, penyakit tertentu, dan obat-obatan. Namun jika Anda menjadi semakin pelupa, terutama jika Anda berusia di atas 65 tahun, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. dokter umum tentang tanda-tanda awal demensia.

Beberapa tanda yang kurang jelas seperti perlunya tidur siang lebih lama atau sulit memarkir mobil bisa menjadi petunjuk bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro